Komitmen Kemendikbud Perjuangkan Hak Para Pendidik

Rabu, 25 November 2020 – 21:27 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim saat memimpin upacara peringatan HGN 2020. Foto:Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Guru adalah profesi yang mulia dan terhormat. Kemendikbud berkomitmen dan bersungguh-sungguh dalam memperjuangkan hak para pendidik.

Mulai dari rekrutmen guru aparatur sipil negara (ASN), mengembangkan pendidikan, meningkatkan profesionalisme, dan meningkatkan kesejahteraan guru.

BACA JUGA: 2 Kebijakan Mendikbud terkait Honorer jadi Kado Hari Guru

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengatakan, Kemendikbud berupaya memperjuangkan guru-guru honorer.

Melalui seleksi yang demokratis, para guru yang berstatus non PNS dapat menjadi ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

BACA JUGA: Mas Nadiem Sebut Semua Guru Honorer Berpeluang Menjadi P3K pada 2021

“Kuotanya cukup besar sesuai kebutuhan masing-masing daerah. Kami mohon doa Bapak dan Ibu guru agar semua langkah ini berjalan baik dan lancar,” kata Mendikbud dalam sambutan peringatan HGN 2020, di Jakarta, Rabu (25/11). 

Berbagai kebijakan dijalankan Kemendikbud di masa pandemi ini. Di antaranya bantuan kuota data internet; fleksibilitas penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS); pengalokasian BOS Afirmasi dan BOS Kinerja untuk penanganan Covid-19 di sekolah negeri dan sekolah swasta.

BACA JUGA: Peringatan HGN 2020, Mendikbud Bercerita tentang Guru-guru Hebat

Selain itu, bantuan subsidi upah untuk guru dan tenaga kependidikan non-PNS; kurikulum darurat; program Guru Belajar; laman Guru Berbagi; program Belajar dari Rumah di TVRI; dan seri webinar masa pandemi.

Berbagai upaya ini dilakukan semata-mata untuk menempatkan profesi guru pada tempatnya yang mulia dan terhormat.

"Mereka telah mempersembahkan pengorbanan yang besar dalam hal waktu, tenaga, bahkan bagian dari hidupnya sendiri demi murid-muridnya," pungkas Nadiem. (jlo/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler