Komunikatif dan Bikin Histeris

Senin, 18 Juni 2012 – 09:46 WIB
Xia Junsu (baju biru), penyanyi asal Korea saat konser di Jitec Mangga Dua, Jakarta, sabtu (16/6). FOTO: Angger Bondan/Jawa Pos

JAKARTA - Artis Korea terus berdatangan ke Jakarta demi melangsungkan konser dan menghibur para penggemarnya. Setelah Super Junior, Sabtu malam lalu (16/6) fans K-pop Indonesia kembali dihibur penyanyi Korea Selatan, Xia Junsu, dalam konser yang bertajuk XIA The 1st Asia Tour Concert Tarantallegra. Bertempat di Jakarta International Event and Convention Center JITEC, Mangga Dua Square, salah seorang personel boyband tenar JYJ itu menghibur sekitar 4.000 penggemarnya.

Membawakan sekitar 20 lagu, Junsu tampil maksimal dengan kualitas vokal prima dan koreografi yang energik. Dalam konser yang berlangsung hampir dua jam itu, penyanyi 25 tahun tersebut cukup komunikatif. Sekalipun bahasa Korea bukan bahasa internasional yang mudah dipahami, dia mampu menghidupkan suasana konser dengan beberapa sesi dialog bersama para penggemarnya.

Para fans terus meneriakkan saranghae yang berarti aku cinta padamu kepada Junsu. Apalagi, penyanyi yang memiliki nama asli Kim Junsu tersebut berupaya untuk menyapa para penggemarnya dalam bahasa Indonesia. "Apa kabar" Saya Xia. Saya senang bertemu kalian," ujarnya dalam bahasa Indonesia yang langsung disambut teriakan para fansnya.

Junsu kembali menunjukkan kebolehannya berbahasa Indonesia setelah membawakan tembang hit yang bertajuk You"re So Beautiful. Mengenakan jubah putih, dia bertanya kepada para penggemarnya. "Kalian senang nggak" Senang" Terima kasih," katanya.

Selanjutnya, dengan didampingi seorang penerjemah, Junsu mengungkapkan pernyataan yang langsung membuat para penggemarnya berteriak histeris. "Saya tidak percaya, saya bernyanyi di Indonesia. Sekarang saya sangat senang. Saya tidak tahu, apakah kalian tahu atau tidak bahwa di Korea dan Thailand saya sudah melakukan ini. Saya akan mengabulkan tiga permintaan kalian," paparnya.

Mendengar itu, sontak para fansnya berebut untuk mengajukan permintaan. Permintaan para fans hampir seragam. Akhirnya, disepakati tiga permintaan. Yang pertama, mereka meminta Junsu bergaya imut atau aegyo yang disebut angle Xia oleh para penggemarnya. Kemudian, mereka meminta Junsu melakukan gerakan sexy dance. Junsu pun menggoyangkan tubuhnya dengan gemulai. Teriakan riuh dari para fans kembali terdengar. Yang terakhir, Junsu diminta mengucapkan bambaya.

Dalam konser kemarin Junsu juga mengungkapkan keinginannya untuk melihat pohon kelapa di Indonesia. Dia mengungkapkan sangat suka pohon kelapa. Di Indonesia pohon kelapa cukup mudah ditemui. "Di Indonesia ada pohon kelapa. Saya suka pohon kelapa," ujarnya.

Secara keseluruhan, konser Junsu berlangsung menghibur. Penampilannya didukung tata panggung yang canggih serta permainan sinar laser dan lampu yang atraktif.

Bersama para penari latarnya, dia mampu menyajikan penampilan yang variatif. Alhasil, konser menjadi tidak membosankan. Meski berpeluh karena menyanyi sekaligus menari, performa vokalnya tetap terjaga. Misalnya, saat membawakan tembang hitnya yang bertajuk Tarantallegra. Lagu yang bernuansa upbeat tersebut dibawakan dengan penuh energi.

Junsu seolah punya cara sendiri untuk mengatur kembali napasnya setelah tampil habis-habisan dalam lagu Tarantallegra. Dia mengakhiri penampilannya dengan duduk di sofa merah. Selama beberapa detik, dia duduk dalam diam. Lampu pun dipadamkan. Tidak lama kemudian, dia kembali mengentak panggung dengan tembang yang tidak kalah rancak yang berjudul Fever. Dengan semburan api dan permainan sinar laser, Fever dibawakan dengan energik.

Selain tembang-tembang hit miliknya, seperti Breath, No Gain, Lullaby, Intoxication, dan Set Me Free, Junsu membawakan beberapa lagu yang diambil dari pementasan musikalnya. Salah satunya adalah tembang Why Can"t You Love Me yang berasal dari pementasan musikal Mozart.

Junsu bisa membagi porsi tembang-tembang hit yang dibawakan dengan pas. Selain menggebrak panggung dengan lagu-lagu upbeat, dia menghibur penggemarnya dengan tembang-tembang mellow yang mampu mengaduk emosi para fans.

Setelah menyanyikan tembang yang berjudul Mission, Junsu mengungkapkan bahwa konsernya hampir berakhir. "Kita mendekati fase terakhir. Sebenarnya, saya tidak mau berhenti bernyanyi, tetapi orang tua kalian menunggu di rumah," ujarnya dengan disambut teriakan penggemar yang sebagian besar adalah remaja putri.

Junsu memang jago membikin fans histeris. Dalam kesempatan yang sama, dia memuji para fansnya. "Waktu saya dekat-dekat (para fans), ternyata, banyak yang cantik," ungkapnya. (ken/c12/any)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Panggung Roboh Paksa Radiohead Batalkan Konser


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler