Komunitas Nelayan Sulsel Pendukung Ganjar Kembali Gelar Pelatihan di Desa-desa Pesisir

Minggu, 16 Oktober 2022 – 21:47 WIB
Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali menggelar pelatihan di desa-desa pesisir, Kabupaten Maros, pada Sabtu (15/10). Foto dok Komunitas Nelayan Pesisir

jpnn.com, SULAWESI SELATAN - Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali menggelar pelatihan di desa-desa pesisir, Kabupaten Maros, pada Sabtu (15/10).

Pelatihan bertajuk 'Pengolahan dan Pengepakan Hasil Tangkap Nelayan' ini diikuti sedikitnya 100 nelayan dari berbagai desa pesisir Maros, Sulawesi Selatan.

BACA JUGA: Warganet Kecewa dengan Keputusan Lesti Kejora, Begini Sikap Melanie Subono

Para nelayan diajarkan bagaimana mengelola ikan tangkapan mereka untuk menjadi produk pangan yang baik dan tahan lama.

Mulai dari bagaimana proses penangkapan yang benar, pengemasan, dan penyimpanannya.

BACA JUGA: Benarkah Jual Beli Kucing Haram Hukumnya?

Para nelayan juga diberikan edukasi perihal produk-produk makanan yang bisa dibuat dan dijual dari hasil tangkapan mereka.

"Semoga dengan adanya latihan ini bisa menciptakan kemandirian bagi para nelayan, lalu dalam jangka panjang, insyaallah bisa menciptakan kemandirian pangan dari sektor perikanan," ujar Sekretaris Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel Muhammad Arafah.

BACA JUGA: Ganjar Pranowo Didukung Ratusan Santri di Sumut Jadi Presiden 2024

Arafah memaparkan, potensi hasil laut di Indonesia, khususnya di Sulsel sangat tinggi, sehingga sangat disayangkan bila tidak dikelola dengan baik guna mencapai kesejahteraan bagi para nelayan tangkap di wilayah pesisir.

"Sudah ratusan ribu nelayan yang dibantu oleh Pak Ganjar. Ada Kartu Nelayan yang bisa memberi bantuan mulai dari modal, asuransi, hingga bantuan bahan bakar. Termasuk untuk asuransi, sudah lebih dari 151 ribu yang tercover asuransi nelayan," kata Arafah.

Pelatihan ini juga sekaligus menjadi wadah konsolidasi dukungan dari para nelayan untuk Ganjar Pranowo. Para nelayan membutuhkan pemimpin yang memang telah terbukti selalu berusaha untuk memperjuangkan kesejahteraan para nelayan.

Komunitas ini bersama para nelayan di Desa Masumbalia pun mendeklarasikan dukungan mereka terhadap Ganjar Pranowo untuk maju menjadi Presiden Indonesia pada 2024 mendatang.

Seluruh anggota komunitas juga telah memantau kinerja Ganjar di Jawa Tengah, dan meyakini pria 53 tahun tersebut merupakan pemimpin yang tepat bagi para nelayan kecil.

"Harapan kami, semoga Pak Ganjar bisa jadi presiden, dan memperjuangkan nasib nelayan di seluruh Indonesia. Harapan kami juga agar Pak Ganjar bisa membawa program-programnya di Jawa Tengah, ke Sulawesi Selatan. Seperti bantuan asuransi kecelakaan, bantuan modal, hingga bantuan bahan bakar untuk nelayan," papar Arafah.(chi/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler