Kondisi Akibat Pandemi Covid-19 Makin Memberatkan Pemerintah

Selasa, 17 November 2020 – 19:49 WIB
Sekretaris MCCC Arif Nur Kholis. Foto: Dok Pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Arif Nur Kholis mengatakan, kondisi pendemi virus COVID-19 semakin memberatkan pemerintah.

Penyebaran pandemi yang makin melonjak, membuat pemerintah menghadapi posisi dilematis.

BACA JUGA: Satgas Covid-19: Pemerintah Terbuka dengan Vaksin Mana pun, Asalkan...

Di satu sisi, kata dia, jika menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara terus-menerus, maka akan menghambat perputaran roda perekonomian.

“Sebaliknya, jika pemerintah memilih melonggarkan PSBB, lonjakan kasus makin besar. Korban makin banyak berjatuhan,” ujar Arif dalam keterangannya, Selasa (17/11).

BACA JUGA: Ada yang Kenal Orang Ini? Hati-hati Temannya jadi Buronan Polisi

Menurut alumnus Universitas Gajah Mada ini, pemerintah sebenarnya sudah bertindak sejak Covid-19 pertama terdeteksi.

Langkah yang diambil, langsung bersiaga dengan menetapkan sejumlah protokol penanganan dan pencegahan.

BACA JUGA: Habib Rizieq, Wali Kota, Lurah dan Camat Siap-siap Saja

Bahkan, kesungguhan melawan Covid-19 itu, kata Arif, dibuktikan dengan penganggaran fantastis, hampir mencapai seribu triliun rupiah.

Anggaran tersebut digunakan untuk memasang alat pendeteksi tubuh di 135 bandara dan pelabuhan, menyiapkan ratusan rumah sakit rujukan, penambahan laboratorium dan alat tes.

Kemudiian, meningkatkan infrastruktur dan peralatan rumah sakit bukan rujukan, penyediaan alat pelindung diri (APD) secara massif, serta pemberian insentif tambahan bagi tenaga medis.

Namun, beragam upaya antisipasi yang cukup agresif tersebut tidak cukup mengendalikan penyebaran virus.

“Penyebabnya, kesadaran kolektif semua lapisan masyarakat dalam menaati protokol kesehatan masih sangat kurang. Bisa dilihat dari ketidakdisiplinan masyarakat menggunakan masker, mencuci tangan serta menjaga jarak di lingkungan tempat tinggal yang sulit diawasi,” ucapnya.

Alasan lain, penerapan protokol kesehatan secara ketat juga sepertinya hanya dapat diterapkan di perkantoran, mall, rumah ibadah dan sejumlah tempat yang dikelola secara baik.

Bahkan, ada kecenderungan kebosanan masyarakat dalam menerapkan protokol Covid-19, setelah rentang waktu tertentu.

“Upaya membangun persepsi masyarakat atas risiko virus Covid-19 memang tidak mudah, sehingga membutuhkan waktu dan upaya yang persisten. Namun, bila presepsi risiko sudah terbentuk pada titik aman, saat itu berbagai macam protokol kesehatan akan otomatis berjalan atas dasar kesadaran,” pungkas Arif. (gir/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler