KONI Kepri Dorong Bangun Stadion Berkonsep Sport Mall

Rabu, 09 Desember 2015 – 08:51 WIB
Foto: batampos /jpnn

jpnn.com - BATAM - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepri mengundang menteri olahraga Imam Nahrawi ke Batam Januari mendatang. Ini untuk mendengar presentasi dari KONI terkait pengelolaan stadion olahraga di Indonesia, termasuk di Kepri.

Di mana KONI Kepri mendorong, stadion olahraga Sport Hall Tumenggung dibangun dengan konsep Sport Mall.

BACA JUGA: Horeee.... Indonesia Juara Umum

"Sebenarnya kita sudah menjadwalkan ini di Desember. Tapi karena beliau (Menpora, red) sedang sibuk, maka kita gelar di awal Januari," kata Johanes Kennedy Aritonang, ketua KONI Kepri, seperti dikutip dari batampos.co.id (Group JPNN), Selasa.

Kennedy mengatakan konsep sport mall yang diajukan oleh Kennedy ini sudah dibicarakan secara singkat dengan menteri. Di mana menteri olahraga Imam Nahrawi mengaku tertarik.

BACA JUGA: Kalbar Tambah Empat Wakil Menuju PON 2016 Jabar

"Jadi sport mall ini konsepnya adalah stadion yang dipadukan dengan konsep mall. Jadi di sana nanti ada pedagang makanan, pedagang perlengkapan olahraga dan sebagainya. Jadi akan menarik," katanya.

Menurut Kennedy konsep ini sudah diterapkan di beberapa negara seperti di Australia, dan di Eropa. Konsep ini dipercaya akan mengirit biaya pengelolaan atau pemeliharaan stadion. Di mana selama ini banyak stadion atau fasilitas olahraga yang terbengkalai setelah stadion tersebut selesai digunakan untuk event.

BACA JUGA: Edan.. LeBron James Dikontrak Seumur Hidup

"Misalnya di Riau dan Pekanbaru. Setelah event selesai, maka stadion terbengkalai," katanya.

Jika ini diberlakukan kata Kennedy, stadion tetap menjadi aset pemerintah. Tetapi pengelolaannya dilakukan oleh pihak lain yang bertanggungjawab untuk pengelolaan. Dan di sana bisa menjadi tempat yang ramai dan menarik bagi warga untuk olahraga.

"Jadi di stadion Tumenggung itu menjadi pusat aktifitas semua kegiatan olahraga. Semua jenis olahraga bisa digelar di sana. Warga juga bisa santai di sana karena aktivitas komersil ada di sana," katanya.

Sebaliknya, selama ini, masyarakat takut ke sana pada sore atau malam hari karena sangat sepi. Bahkan di sana jadi sarang tikus karena sangat jarang digunakan. Padahal fasilitas dan ruang seperti ini sangat dibutuhkan di Kepri.

"Jadi di sana bisa menjadi pusat latihan semua atlet. Misalnya voli, tenis, sepakbola, renang dan sebagainya. Jadi tetap ramai. Ini bisa juga menjadi tempat jogging warga Batam di pagi hari atau sore hari," katanya.

Menurutnya, luas stadion Tumenggung sudah cukup untuk ini. Jika memang tidak bisa dibangun baru, maka harus dilakukan revitalisasi. Ia yakin dukungan dari pemerintah pusat untuk usulan dari KONI Kepri ini. (ian/ray)

BACA ARTIKEL LAINNYA... MU Tersingkir, Manchester City Kunci Juara Grup


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler