Konon, Muculnya Nama AHY Dalam Bursa Bakal Cawapres Ganjar dari Dialog Puan di DPR

Kamis, 08 Juni 2023 – 14:10 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Kamis (8/6). Foto: Aristo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengingatkan elite parpolnya Puan Maharani yang berstatus Ketua DPR RI dan acapkali bertemu dengan politikus fraksi lain di parlemen.

Dia menduga kemunculan nama Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY sebagai bakal cawapres pendamping Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo berasal dari sana.

BACA JUGA: Bambang Pacul Bekali Peserta Rakernas PDIP dengan Taktik Pemenangan Pemilu

Terlebih lagi, kata dia, Puan tentu aktif berkomunikasi dengan elite parpol lain dari berbagai fraksi.

"Berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh fraksi itu menjadi keseharian kepemimpinan yang dilakukan oleh Mbak Puan dari situlah nama itu muncul," ujar Hasto.

BACA JUGA: Rakernas III PDIP Hari Ini Bahas Beberapa Isu, Megawati Bakal Sampaikan Pidato Penutupan

Diketahui, nama AHY masuk daftar bakal cawapres pendamping Ganjar setelah diungkap Puan saat Rakernas III pada Selasa (6/6) kemarin.

Hasto mengatakan semua pihak dalam berpolitk itu perlu mencari terobosan dengan mengedepankan prinsip kegotongroyongan menyikapi masuknya nama AHY sebagai bakal cawapres pendamping Ganjar.

BACA JUGA: Bacawapres Pendamping Ganjar Hanya Masuk Pandangan Umum di Rakernas III PDIP

"Politik, kan, mencari suatu terobosan-terobosan, inilah hakikat yang sebenarnya, terlebih bagi bangsa yang punya spirit gotong royong," ungkap dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu.

Hasto lebih lanjut menyadari posisi AHY bersama Demokrat berbeda dengan PDIP menyambut Pilpres 2024. Tetapi ruang dialog harus dibuka dalam perpolitikan.

Dia kemudian mencontohkan perbedaan antara Iran dan Arab Saudi tidak lantas membuat kedua negara menutup ruang dialog demi kemajuan bersama.

"Dari aspek eksternal lingkungan strategis kita, kita melihat bahwa antara Iran dan Arab Saudi, oleh campur tangan Tiongkok itu bisa bertemu sebagai dua negara yang selama ini bertikai, ternyata bisa melakukan perundingan," ujar Hasto.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyebutkan beberapa nama bakal cawapres untuk Pilpres 2024 yang masuk radar parpolnya.

Menurut Puan, beberapa nama yang muncul sebagai bakal cawapres pendamping Ganjar ialah Menko Polhukam Moh Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno, hingga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Airlangga Hartarto.

"Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, Pak AHY,  Pak Airlangga. Nama-nama itu, ya, masuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan,” kata Puan dalam konferensi pers di sela-sela Rakernas III PDIP 2023 di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6).

Kader PDIP yang juga ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu menuturkan visi dan misi para bakal cawapres tersebut akan dicocokkan dengan Ganjar. (ast/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kader PDIP Harus Menyimak Instruksi Megawati Soal Pengentasan Kemiskinan, Penting!


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler