Konser Lady Gaga Belum Dibatalkan

Kamis, 17 Mei 2012 – 08:03 WIB

JAKARTA---Konser Lady Gaga di Indonesia terus jadi pro-kontra. Pihak Mabes Polri hingga kemarin belum mengeluarkan izin konser. Kapolri Jenderal Timur Pradopo menolak jika Polri dituduh tidak mengizinkan konser Lady Gaga karena tekanan dari berbagai organisasi masyarakat keagamaan.

"Ini masih dievaluasi, kita bicara yang terbaik untuk bangsa ini sehingga masyarakat tidak dirugikan," ujar Timur usai acara Semiloka dan Visualisasi "Reformasi Birokrasi Polri," di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, kemarin.

Polda Metro Jaya, telah mengirimkan surat rekomendasi untuk tidak mengizinkan penyanyi berjuluk Lady Monster itu menggelar konser di Jakarta. Hal tersebut merupakan respons dari surat yang dikirimkan sejumlah organisasi masyarakat.

Namun, Kapolri membantah jika keputusan penolakan izin sudah final. "Belum, ini masih evaluasi," kata mantan Kapolda Jawa Barat itu.

Bagaimana jika promotor konser nekad mengadakan pentas? Pertanyaan itu kemarin dijawab oleh kapolda Metro jaya Irjen Untung Suharsono Rajab. "Kalau belum punya izin keramaian ya dibubarkan," katanya.

Jenderal asal Surabaya itu menegaskan, atraksi Lady Gaga dinilai tidak pantas ditonton orang banyak. Di antaranya, busana terlalu minim, mengumbar aurat dan merangsang. Artinya, pemilik nama asli Joandde Stefani Germanotta ini sering kali memakai busana tidak sesuai dengan tempat dia berada.

"Kalau melihat orang telanjang di pantai Bali, mungkin itu biasa saja. Itu penilaian budaya setempat, jadi terserah penilaian mereka di sana. Tetapi ini berbusana minim di atas panggung ditonton orang banyak, ya tidak pantas saja," tuturnya.

Ketika ditanya pandangannya soal pemindahan konser bertajuk This Born This Way Ball ke daerah lain, menurut Untung, hal itu menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dan kepolisian daerah tersebut. "Ya itu urusan daerah lain lah. Sudah jadi tanggung jawab daerah di sana. Saya kan hanya bertanggung jawab terhadap wilayah tugas Polda Metro Jaya," tukasnya.

Presiden Direktur PT Java Prima Kreasi, Michael Rusli, yang lebih dikenal sebagai promotor Big Daddy, selaku penyelenggara konser Lady Gaga menegaskan bahwa konser penyanyi asal Amerika Serikat itu belum dibatalkan. "Saat ini" belum ada pembatalan, masih on going process. Kalau nanti ada perubahan kami akan informasikan," kata Michael di Jakarta kemarin.

Promotor, kata Michael, hingga saat ini belum memperkirakan berapa kerugian yang akan ditanggung jika konser batal. Dia hanya mengatakan, acara masih cukup jauh, sehingga kalaupun batal maka kerugian tidak akan terlalu banyak.

Pihak Big Daddy juga sedang mengusahakan penambahan kursi konser di bagian Tribun. Big Daddy menjual tiket sebanyak 30 ribu lembar dengan harga termahal Rp 2,2 juta dan paling murah di Tribun Rp 465 ribu. (rdl/jan/nw)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Laku Lagi, Sule Berencana Buka PH Sendiri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler