Konser Sheila On 7 di Jalak Harupat Bandung Belum Berizin Polisi, Waduh

Rabu, 25 September 2024 – 14:36 WIB
Kendaraan operasional yang membawa alat-alat untuk konser Sheila On 7 'Tunggu Aku di Bandung' terparkir di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Polresta Bandung mengaku belum menerima pengajuan izin keramaian penyelenggaraan konser grup band Sheila On 7 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Rencananya, konser musik bertajuk ‘Tunggu Aku di Bandung!’ itu akan dilaksanakan pada Sabtu (28/9/2024).

BACA JUGA: Konser Sheila On 7 di Bandung Pindah Lokasi, Promotor Sediakan Opsi Ini

Setelah dua kali venue dipindahkan, promotor akhirnya menggunakan SJH sebagai lokasi konser.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, tiga hari menjelang konser, pihaknya belum menerima adanya pengajuan izin keramaian dari pihak promotor.

BACA JUGA: Lokasi Konser Sheila On 7 di Bandung Akhirnya Dipindahkan

“Kami dari Polresta Bandung sampai dengan hari ini tanggal 25 September, kami belum menerima berkas pengajuan izin keramaian atau komunikasi dari panitia kepada kami,” kata Kusworo ditemui di Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (25/9).

Kusworo menjelaskan, pihaknya perlu mengetahui informasi detail mengenai konser tersebut. Mengingat, kapasitas Stadion Jalak yang hanya 27 ribu penonton, sementara informasi jumlah tiket sudah sold out lebih dari 50 ribu lembar.

BACA JUGA: 3 Berita Artis Terheboh: Ruben Onsu Resmi Menduda, Richard Lee Terancam UU ITE

Hal itu merujuk pada kapasitas Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang sebelumnya ditunjuk sebagai venue.

"Seandainya kapasitas GBLA itu 50 ribu tiketnya sudah sold out, kemudian mau dipaksakan digelar konsernya itu di Stadion Si Jalak Harupat, yang mungkin kapasitasnya hanya 30 ribuan, maka tentunya ini akan over kapasitas kalau dilakukan,” jelasnya.

Perwira Menengah Polri itu pun meminta kepada promotor untuk segera mengurus izin keramaian, mengingat acara yang segera berlangsung dan tingginya antusiasme masyarakat.

"Hal ini kami belum komunikasi dengan panitia. Nah, itu kan tentunya kami harus perhatikan keselamatan daripada penonton, kemudian warga sekitar dan sebagainya karena selain daripada over kapasitas, yang akan nonton di dalam stadion juga bagaimana pengalokasian parkir,” terangnya.

Lebih lanjut, Kusworo juga menanggapi soal pihak promotor yang mulai loading barang dengan membangun panggung di dalam stadion. Hal itu, kata dia, kewenangan ada di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bandung.

"Itu mungkin silakan ditanyakan kepada Dispora. Karena kewenangan untuk memperbolehkan dipasang panggung atau tidaknya itu adalah UPT atau dari Dispora itu sendiri,” terangnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung telah memberikan izin penggunaan Stadion Si Jalak Harupat (SJH) untuk menggelar konser band legendaris Sheila On 7 yang direncanakan berlangsung pada Sabtu mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Bandung Erwin Rinaldi mengatakan pihak promotor dari konser tersebut sudah melayangkan surat permohonan penggunaan SJH.

"Kalau dari tempat sih bisa, memang tidak ada jadwal (penggunaan) udah di cek," kata Erwin.

Erwin mengungkapkan penggunaan SJH sebagai lokasi konser Sheila On 7  baru dilakukan beberapa hari lalu.

Lebih lanjut, Dispora Kabupaten Bandung juga telah meminta kepada pihak promotor untuk menutup rumput Stadion Si Jalak Harupat menggunakan alas saat konser berlangsung. Hal itu dilakukan agar rumput di stadion tidak mengalami kerusakan setelah kegiatan tersebut.

"Nah itu aman kalau itu teknis itu mah aman lah. Kan ditutup kayak konser Dewa lah itu amanlah. Ditutup udah standar lah standar standar konser lah gitu," ucapnya.

Sebagai informasi konser Sheila On 7 bertajuk 'Tunggu Aku Di Bandung' sempat mengalami perpindahan venue, awalnya konser tersebut akan digelar Stadion Siliwangi, kemudian pindah ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). (mcr27/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler