Konsulat Kehormatan RI di Ghana Merayakan HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Minggu, 20 Agustus 2023 – 09:11 WIB
Konsul Kehormatan RI utk Ghana, H.E Paskal A.B Rois menerima cendera mata dari sekolah dasar di Accra dalam perayaan Hari ke-78 Kemerdekaan RI. Foto: Humas Konsulat RI di Ghana

jpnn.com, GHANA - Konsul Kehormatan Republik Indonesia di Ghana HE Paskal A.B. Rois pada Kamis (17/8/2023) Pukul 10 pagi waktu setempat memberikan donasi produk dan alat tulis sekolah dari perusahaan Indonesia kepada empat sekolah dasar di Adentan dan Madina.

Sekolah tersebut terletak tidak jauh dari ibu kota Accra. Pemberian donasi itu dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

BACA JUGA: HUT ke-78 RI, KlikFilm Hadirkan After Life dan Yang Patah Tumbuh Hilang Berganti

Donasi berupa barang-barang tersebut disumbangkan oleh beberapa perusahaan Indonesia di Ghana, yaitu United Foods Indo Ghana Limited di Accra, Produsen mie instant yang sangat popular yaitu Peace Indo Ghana Limited di Tema, Produsen sabun medissoft l serta Wings Group Indonesia atau brand produk Afrika Pertama di East Legon, produsen sabun bubuk Soklin, Santex dan detergen lainnya.

Turut hadir pada kesempatan ini adalah Country Director dan Deputy Regional Africa Representative of Food and Agricultural Organization (FAO) of the United Nations (UN), Yurdi Yasmi beserta istri.

BACA JUGA: HUT ke-78 RI, Ronny Bara Pratama Sebut Jadi Momen Membangkitkan Semangat Kebangsaan

Penerima manfaat dari sekolah ini adalah Holy Rosary R.C Basic Schools dan De Youngsters International School. Semuanya berlokasi di Adent serta British Columbia College (BCC), Madina dan Bettle Presbyterian Basic School.

Setiap sekolah dan juga siswa-siswa di sekolah tersebut mendapatkan produk donasi dari beberapa perusahaan Indonesia serta alat tulis dalam jumlah cukup besar.

BACA JUGA: Memperingati HUT ke-78 MPR, Bamsoet Sebut Konstitusi Masih Butuh Penyempurnaan

Rois Group of Companies Limited juga memberikan donasi Proyektor yang pada kesempatan tersebut diserahkan oleh istri dari Konsul Kehormatan RI untuk Ghana, Gifty Rois.

Kehadiran Gifty Rois tidak hanya sebagai pendamping Konsul Kehormatan RI untuk Ghana, tetapi juga sebagai Direktur Pelaksana Sekolah Dasar Holy Rosary R.C.

“Sekolah dan lembaga Pendidikan di strata apapun di Ghana memiliki tantangan besar untuk kemajuannya di masa depan. Oleh karena itu, sumbangan alat tulis dan sarana peralatan seperti proyektor adalah alat bantu yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para siswa dalam proses belajar mengajar,” kata Gifty dalam sambutannya.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SMP Holy Rosary R.C. (JHS) Ibu Esther Bonney menyambut gembira inisiatif KJRI dan mitranya di negara tersebut.

Dia bersyukur sekolah mereka memiliki kesempatan untuk dipilih untuk kehormatan seperti itu.

Dia menyebutkan kurangnya proyektor dan komputer serta spidol papan tulis sebagai beberapa tantangan utama yang dihadapi sekolah mereka.

Pertama Kali Meriah

Acara ini dihadiri puluhan siswa dan para guru dari berbagai sekolah penerima bantuan. Ini adalah untuk pertama kalinya Hari Kemerdekaan Indonesia di Ghana diselenggarakan dengan meriah seperti ini . Satu acara dihadiri semua pejabat pemerintah tingkat atas dan para pemimpin pendidikan untuk menyemarakkan acara tersebut.

Perayaan tersebut digelar dengan tema “Terus Melaju untuk Indonesia” atau Terus Maju untuk Indonesia Maju".

Konsul Kehormatan Republik Indonesia di Ghana, HE Paskal A.B. Rois dalam sambutannya menyampaikan bahwa hari kemerdekaan di Indonesia selalu dirayakan dengan penuh kegembiraan, semangat patriotisme dan persatuan.

“Acara hari ini diselenggarakan persis sama dengan yang dilakukan rakyat Indonesia setiap tanggal 17 Agustus yaitu para pemimpin memberikan donasi sambil berdialog langsung dengan komunitas setempat,” terang Rois.

“Bagi kami di KJRI Ghana, kami telah memutuskan untuk bersama-sama dengan perusahaan Indonesia dan diaspora Indonesia di Ghana berkolaborasi untuk meningkatkan hubungan yang makin erat dengan para pemimpin di Ghana sekaligus berpartisipasi dalam kegiatan sosial seperti hari ini,” tegas Rois.

Rois menambahkan saat ini lebih dari tiga puluh (30) mahasiswa Ghana saat ini sedang menyelesaikan studinya di berbagai program Sarjana, Magister dan Doktoral yang didanai sebagian oleh universitas-universitas Indonesia dengan beasiswa.

“Bahkan saat ini beberapa mahasiswa juga sedang menempuh mata kuliah lain yang dibiayai penuh dengan skema beasiswa KNB (Kemitraan Negara Berkembang ). Ada empat (4) mahasiswa telah memenuhi syarat untuk studi lanjut di Indonesia tahun ini dan juga akan berangkat ke negara Asia pada September 2023 untuk memulai program gelar mereka di berbagai bidang akademik,” ujar Rois.

Dia menggunakan kesempatan itu untuk menghimbau segenap masyarakat di Ghana termasuk mahasiswa, dosen di berbagai universitas untuk menjadi bagian dari apa yang digambarkannya sebagai 'dukungan menarik dari Indonesia untuk memperkuat basis sumber daya manusia di dunia berkembang, termasuk Ghana'.

Di samping mengajak masyarakat Ghana untuk mengetahui  sejauh mana kerja sama pemerintah Indonesia dengan Ghana dalam sektor pendidikan, kesempatan ini juga digunakan Rois untuk mempromosikan event tahunan Kementrian Perdagangan RI yaitu Trade Expo Indonesia (TEI) yang akan dibuka di Kota BSD Tangerang, Indonesia pada tanggal 18 hingga 22 Oktober 2023.

“Ini adalah kesempatan yang sangat bagus untuk warga Ghana yang berprofesi sebagai pedagang, produsen, importir, distributor dan grosir, pengusaha hotel dan pemilik restoran, asosiasi bisnis serta unsur media untuk memanfaatkan pameran ini sekaligus berwisata ke Bali yang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia,” kata Rois.

Puji Inisiatif Konsul Kehormatan

Kepala Eksekutif Kota (MCE) untuk Majelis Kota Adentan, Hon. Alexander Nii Noi Adumuah memuji inisiatif Konsul Kehormatan, menggambarkan langkah tersebut sebagai salah satu yang akan membuka beberapa bidang kerjasama antara Indonesia dan Ghana serta Kotamadya Adentan dan Konsulat.

Anggota Parlemen (MP) untuk Daerah Pemilihan Adentan, Hon. Mohammed Adamu Ramadan mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas perayaan HUT Kemerdekaan ke-78 dan atas pencapaian pembangunan yang begitu tinggi sebagai sebuah negara.

Dia berharap perayaan hari itu di Ghana akan membawa manfaat bagi kedua negara.

Acara ini diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan hasil prakarya berupa lukisan tentang Indonesia yang dibuat oleh siswa Sekolah Dasar Adentan.

Hasil prakarya ini diserahkan oleh Direktorat Pendidikan Kota yaitu Miss Gifty Mussey sebagai bentuk apresiasi untuk KJRI di Ghana.(fri/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler