Konsumsi 5 Jenis Makanan ini Supaya Fungsi Otak Tetap Oke

Kamis, 20 September 2018 – 23:31 WIB
Teh hijau. Foto: Health

jpnn.com - Benar bahwa serat bisa meningkatkan asam lemak rantai pendek dalam darah. Lalu, bagaimana dengan otak? Analisis genetik penanda inflamasi yang dilakukan oleh para ilmuwan melaporkan, diet tinggi serat berhasil mengurangi peradangan di mikroglia otak.

Mereka menduga, hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi produksi senyawa kimia interleukin-1β, pencetus peradangan otak yang berkaitan dengan Alzheimer. Maka dari itu, sangat disarankan bagi orang 40 tahun ke atas untuk mengonsumsi banyak serat demi meningkatkan butirat pada usus dan otak mereka.

BACA JUGA: 14 Kiat Turunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga

Untuk mendapatkan asupan serat juga terbilang mudah. Anda bisa mendapatkannya pada aneka sayur dan buah. Selain itu, sayur dan buah pun mengandung antioksidan yang mampu melindungi lapisan sel otak dari radikal bebas. 

Mengonsumsi oatmeal juga bisa dijadikan opsi bila ingin mendapatkan serat. Bila oatmeal dicampur dengan buah, tentu juga bisa menambah selera makan Anda.

BACA JUGA: Ketahui Nutrisi Seimbang untuk Diet Turunkan Berat Badan

Sementara itu, menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BmedSc(Hons) dari KlikDokter, untuk melengkapi asupan serat harian, Anda juga bisa mengonsumsi makanan di bawah ini agar fungsi otak tetap terjaga.

1. Dark chocolate
Cokelat hitam mampu meningkatkan kadar serotonin dan endorfin sehingga bisa meningkatkan konsentrasi.

BACA JUGA: Diet 16:8, Cara Baru Menurunkan Berat Badan

2. Ikan salmon
Bukan rahasia kalau mengonsumsi ikan baik untuk otak, terutama ikan salmon. Sebab, ikan tersebut mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi dan bisa memperkuat sel-sel memori pada otak serta memperlambat penurunan kognitif. 

3. Teh hijau
Teh jenis ini mengandung asam amino theanine yang bisa meningkatkan fokus Anda.

4. Telur
Selain mengandung asam lemak omega-3, telur juga kaya akan DHA dan kolin yang penting untuk kesehatan memori dan selaput sel otak.

5. Pisang
Tak hanya lezat, buah ini mengandung potasium dan mineral yang penting untuk otak, saraf, dan jantung Anda. Mengonsumsinya sebelum ujian bisa membuat Anda lebih fokus.

Kandungan serat sangat baik untuk kesehatan Anda, mulai dari pencernaan hingga mencegah penurunan fungsi otak. Oleh karena itu, tidak ada lagi alasan untuk menolaknya, bukan? Perbanyak konsumsi serat setiap harinya dan tambahkan dengan makanan lain yang bermanfaat meningkatkan fungsi otak. Niscaya, kesehatan pencernaan Anda terjaga dan Anda pun akan terhindar dari gangguan fungsi otak.(RN/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketahui Manfaat Diet Vegan


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Diet   otak  

Terpopuler