Konsumsi LPG Lampaui Kuota

Sabtu, 26 Mei 2012 – 09:19 WIB

JAKARTA - Lonjakan konsumsi energi ternyata bukan hanya terjadi di BBM bersubsidi. Pertamina menyebut, konsumsi liquefied petroleum energy (LPG) bersubsidi berukuran 3 kilogram (kg) kini juga melonjak.

Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina Hanung Budya Yuktyanta mengatakan, penyaluran LPG 3 kg hingga kuartal I 2012 telah mencapai 1,23 juta metrik ton (MT). "Artinya, sudah 4,9 persen di atas target"
kuota," terangnya, Jumat (25/5).
    
Menurut Hanung, tahun ini pemerintah dan DPR sudah menetapkan kuota LPG 3 kg 3,61 juta MT. Jika tren konsumsi tinggi sepanjang kuartal I lalu terus berlanjut, dikhawatirkan kuota penyaluran LPG 3 kg pada 2012 akan terlampaui. "Kami melihat kemungkinan penyaluran bisa mencapai 3,75 MT atau 3,9 persen di atas kuota," prediksinya.
    
Hanung mengatakan, realisasi penyaluran pada kuartal I 2012 menjadi indikasi awal terkait dengan kemungkinan terjadinya penyalahgunaan LPG 3kg. Karena itu, Pertamina sedang menata jalur distribusi untuk memastikan LPG 3 kg diterima masyarakat yang berhak tanpa pengoplosan. "Ini sangat penting, mengingat insiden (ledakan tabung LPG) yang terjadi sering disebabkan oleh pengoplosan," jelasnya.
    
Penataan dilakukan melalui pendataan ulang terhadap pangkalan dan kemampuannya dalam menyalurkan LPG 3 kg kepada masyarakat dengan"menggunakan referensi data pangkalan yang terdaftar. "Pendataan tersebut akan ditindaklanjuti dengan membuat kartu kendali bagi pengguna LPG 3 kg," ujarnya. (owi/c3/kim)
BACA ARTIKEL LAINNYA... 28 Oktober 2012, Indonesia jadi Satu Zona Waktu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler