Kontrol Emosi demi Trofi

Minggu, 26 Februari 2012 – 21:03 WIB

DIBANDINGKAN Steven Gerrard, Craig Bellamy bakal menjalani laga yang lebih emosional di final Piala Carling. Bagaimana tidak, Cardiff City bukan hanya klub idolanya sejak kecil. Namun musim lalu, Bellamy bahkan berkesempatan membela klub asal kota kelahirannya tersebut dengan status pinjaman dari Manchester City.

Bellamy sebenarnya berharap bisa pindah permanen ke Cardiff musim ini. Tapi, niat Bellamy tidak direspons cepat pelatih Cardiff Malky Mackay sehingga Liverpool yang beruntung mendapatkannya di hari terakhir bursa transfer. Sebagai catatan, Mackay adalah rekan setim Bellamy semasa masih bermain di Norwich di akhir dekade 2000-an.

Sisi emosi Bellamy itulah yang dianggap bisa menjadi titik lemah Liverpool, jika pemain Cardiff mampu mengeksploitasinya. Apalagi pemain yang akrab disapa Bellam tersebut dikenal sebagai sosok yang temperamental, baik di lapangan maupun di luar lapangan.

Namun, demi trofi, Bellamy menjanjikan dirinya akan mampu mengontrol emosinya dan berharap pelatih Liverpool Kenny Dalglish menurunkannya sebagai starter di final. "Saya telah berubah semakin dewasa," klaim Bellamy kepada Daily Telegraph.

Bellamy mendapat banyak pelajaran bagaimana mengontrol emosi setelah membaca buku tulisan Dr. Steve Peters yang berjudul The Chimp Paradox. Buku tersebut menjelaskan bagaimana manusia melepaskan diri dan mengontrol sisi binatang (dalam hal ini adalah simpanse) yang ada dalam otaknya .

"Pada dasarnya kita semua simpanse. Ketika saya bermain, terkadang sisi simpanse kita keluar, tapi saya berusaha untuk berpikir rasional dengan sisi manusia," jelas striker 32 tahun tersebut.

"Tapi, ini bukan hanya sekadar tentang psikologis karena saya juga butuh meningkatkan kualitas permainan. Saya adalah orang pertama yang datang ke latihan dan pulang terakhir karena saya masih menjalani rutinitas lainnya seperti mandi es, berenang, dan merawat lutut saya," jelasnya lagi.

Piala Carling tahun ini boleh dibilang menjadi titel terbaik Bellamy sepanjang karirnya. Sebelumnya, koleksi trofi Bellamy hanya diisi Piala Skotlandia 2005 bersama Glasgow Celtic dan Community Shield 2006 dengan Liverpool. (dns/bas)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Laga Persiram v Persiba Diundur Lagi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler