KPK dan BPK Raih Akuntabilitas Kinerja Terbaik

Selasa, 28 Februari 2012 – 16:22 WIB
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menjadi jawara akuntabilitas kinerja. Keduanya mendapatkan predikat sangat baik (A) di antara kementerian/lembaga. Selain itu 17 K/L berpredikat "B" (baik), 49 K/L kategori "CC" (cukup baik) dan 14 K/L kategori "C" (agak kurang). 
  
"Hasil evaluasi akuntabilitas kinerja K/L menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dalam tiga tahun terakhir, sehingga target RPJMN tahun 2014 bisa tercapai," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar dalam acara penyerahan award bagi instansi pusat, Selasa (28/2).

Ditambahkannya, untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, kompeten dan melayani perlu dilakukan pembenahan menyeluruh di jajaran aparatur pemerintah. Peningkatan transparansi dan akuntabilitas aparatur, dapat dilaksanakan melalui penguatan dan penerapan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP), sehingga mendorong organisasi pemerintah lebih akuntabel dan berkinerja
.
“Dengan cara itu akan mempersempit peluang terjadinya korupsi. Selain itu, dengan penerapan SAKIP, pengelolaan birokrasi setiap instansi pemerintah semakin terukur, efisien, efektif, dan produktif," tuturnya.     

Deputi Pengawasan dan Akuntabilitas Kementerian PAN&RB Herry Yana Sutisna mengatakan, pelaksanaan evaluasi dilaksanakan terhadap 82 K/L yang menyerahkan LAKIP tepat waktu. Adapun aspek yang dinilai, yaitu perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja, dan capaian kinerja. (esy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Cegah Gayus, Diusulkan Pangkas Pegawai Pajak

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler