KPUD Kota Bekasi Batasi Bakal Calon Independen

Rabu, 30 Agustus 2017 – 23:44 WIB
Pilkada 2018. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BEKASI - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bekasi, membatasi jumlah bakal calon yang akan maju melalui jalur independen dalam Pilkada Serentak 2018.

Bakal calon yang dibolehkan ikut dalam kontestasi hanya lima pasangan.

BACA JUGA: Koalisi PKS dan Gerindra Incar Kemenangan Pilkada Kota Bekasi

“Kami membatasi kandidat yang ingin maju melalui jalur independen sebanyak lima pasangan dengan pertimbangan keterbatasan biaya,” kata Komisioner KPU Kota Bekasi Syafrudin, Rabu (30/8).

Menurut dia, kebutuhan anggaran verifikasi faktual dukungan calon independen terbilang besar karena dilakukan langsung oleh petugas lapangan ke pemberi dukungan.

BACA JUGA: Dari PAN Berbelok ke Demokrat, Vicky Prasetyo Diminta Tidak jadikan Pilkada Sebagai Candaan

Dengan mendatangi langsung nama-nama yang dicantumkan bakal calon independen sebagai pendukung, kata dia, bisa dipastikan langsung kebenaran dukungan yang diberikan.

Selain itu, petugas juga tidak sekadar mencocokkan nama pendukung dalam KTP dengan mendatangi tempat tinggalnya, tapi juga menanyai seputar surat pernyataan dukungan yang ditandatanganinya.

BACA JUGA: Vicky Prasetyo Nyalon Lewat Partai Demokrat dan PAN

“Verifikasi faktual ini memakan waktu dan biaya. Namun jika pada praktiknya tidak ada peminat jalur independen, anggaran yang sudah disiapkan tak akan terpakai,” tutur Syafrudin.

Dia mengungkapkan meskipun potensi adanya calon perorangan di Kota Bekasi tergolong kecil, namun hal tersebut harus diantasipasi.

Sebab, bila calon perorangan tak diakomodir akan melanggar undang-undang.

“Memang ditugaskan oleh Undang-Undang untuk mengakomodir calon perorangan. Sehingga, apabila tak dilakukan, konsekuensinya ada pada hukum,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Pilkada Kota Bekasi 2013 lalu, hanya terdapat satu pasangan yang maju melalui jalur independen. Dan pada Pilkada 2018 mendatang diprediksi tidak ada paslon dari perseorangan yang meramaikan Pilkada.(kub/gob)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Daftar Balon Walkot Bekasi, Vicky Prasetyo kok Pakai Bendera Demokrat?


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler