Kritik PSSI, Maruarar Sirait Minta Erick Thohir Lebih Tegas dan Terbuka

Minggu, 20 Agustus 2023 – 20:09 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Foto: PSSI

jpnn.com - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Maruarar Sirait, mengkritik kinerja PSSI yang dia anggap terus berpolemik.

Dia mendorong Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI agar lebih tegas sehingga masalah persepak bolaan di Indonesia dapat diselesaikan.

BACA JUGA: Suporter Apresiasi Erick Thohir yang Mau Dengar Kritik

"Di Indonesia, masalah kami bukan aturan, tetapi masalah penegakan hukum, penegakan aturan. Karena itu, dibutuhkan sosok yang bersih."

"Tidak mungkin membersihkan dengan sapu yang kotor. Orang yang punya banyak kepentingan pasti tidak bisa tegas," ucap Maruarar Sirait.

BACA JUGA: Pendiri The Jakmania Acungi Jempol Kepemimpinan Erick Thohir di PSSI

Lebih lanjut, Maruarar ingin PSSI sesuai janjinya, yakni memaparkan hasil audit peride 2020-22 secara terbuka.

"Periode Pak Erick belum pernah, ya? Berarti terakhir 2019 (laporan audit, red). 2020, 2021, 2022 belum pernah (diserahkan ke penegak hukum)."

BACA JUGA: Persija & PSM Tidak Lepas Pemainnya ke Timnas U-23 Indonesia, Erick Thohir Bilang Begini

"Jadi, saya akan ingatkan Pak Erick, 'Anda harus memberikan hasil audit itu kepada aparat penegak hukum'," imbuhnya.

Pria yang karib disapa Ara itu pun mendorong PSSI terbuka atas semua masalah yang ada selain hasil audit agar kontrol publik makin tinggi.

Dia mencontohkan dengan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J yang melibatkan bekas Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo.

"Lihat kasus Ferdy Sambo. Berapa banyak kasus hukum di Indonesia itu bisa terbuka, bisa berproses karena benar dan adil. Buat masalah PSSI itu terbuka. Masalah keuangan, masalah wasit, dan sebagainya, pasti akan bagus," katanya.

"Saya akan minta Pak Erick buka semua masalahnya supaya Pak Erick, saya yakin tidak punya beban, supaya dapat dukungan publik untuk melakukan hal-hal yang besar, yang benar, yang tegas, dan yang cepat. Begitu caranya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ara menjelaskan masalah yang menerpa PSSI tidak lepas dari kepemimpinan dan kepercayaan. Dia optimistis semua problem yang ada dapat selesai jika dipercaya, dan sponsor pun bakal berdatangan.

"Jadi, menurut saya, kalau sepak bola Indonesia maju, pemimpinnya harus dipercaya, timnya harus dipercaya, kontrol publiknya harus tinggi," tegasnya.

Ara juga berpendapat kinerja Erick Thohir sebagai Menteri BUMN bagus karena mampu membongkar korupsi yang terjadi di perusahaan-perusahaan negara.

"Kenapa di PSSI tidak? Kecuali memang tidak ada korupsi di PSSI," tutupnya.(mcr15/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler