Kronologi Polisi Tembak Ambulans yang Diduga Menyuplai Batu ke Pedemo

Rabu, 14 Oktober 2020 – 15:59 WIB
Sebuah ambulans yang diduga menyuplai batu untuk para pedemo diamankan polisi. Foto: Fransiskus Adryanto Pratama/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus membenarkan petugas telah melakukan penindakan terhadap sukarelawan yang diduga tenaga medis, Selasa (13/10) kemarin.

Petugas terpaksa menembakkan gas air mata untuk memberhentikan satu mobil ambulans.

BACA JUGA: Polisi Selidiki Ambulans yang Diduga Menyuplai Batu untuk Pedemo

Sebab, kata dia, diduga sukarelawan tersebut terlibat dengan aksi rusuh pada saat unjuk rasa Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja.

"Hasil keterangan awal, ada dugaan bahwa ambulans tersebut bukan untuk kesehatan, tetapi untuk mengirimkan logistik dan indikasi batu untuk para pedemo," ungkap Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Rabu (14/10).

BACA JUGA: Kapolres Sukabumi Kota Menangis, Minta Maaf kepada Mahasiswa

Yusri mengatakan, awalnya ada beberapa rangkaian ambulans yang diberhentikan petugas untuk dilakukan pemeriksaan di daerah Menteng, Jakarta Pusat.

Karena adanya kecurigaan petugas terkait adanya pihak-pihak yang mencoba memanfaatkan situasi demonstrasi untuk melakukan kerusuhan.

BACA JUGA: Maling di Cibinong Bogor Nyaris Mati

Namun satu ambulans dalam rangkaian itu mencoba melarikan diri dan hampir menabrak petugas.

Sehingga petugas pun meresponsnya dengan menembakkan gas air mata ke arah ambulans tersebut.

Satu orang berinisial N loncat dari dalam ambulans dan diamankan oleh petugas.

Yusri menduga di dalam ambulans tersebut ada empat orang, termasuk N. Kemudian malam harinya, ambulans bersama tiga penumpangnya diamankan di Taman Ismail Marzuki.

"Kami temukan, karena sudah malam (isi ambulans) itu sudah kosong. Karena memang ada jeda waktu ia melarikan diri dan ditemukan di daerah Taman Ismail Marzuki, tetapi keterangan dari temannya yang loncat (N) seperti apa yang saya sampaikan tadi," tutur Yusri.

Terkait identitas sukarelawan tenaga medis tersebut, Yusri menegaskan pihaknya masih mendalami.

Ia enggan menduga-duga apakah ambulans yang saat ini diamankan di Polda Metro Jaya tersebut ada kaitannya dengan organisasi masyarakat atau ormas tertentu.

Saat ini pihaknya tengah melakukan pendalaman, termasuk apakah benar ambulans tersebut benar-benar terlibat dalam kerusuhan pada aksi demonstrasi.

"Makanya ini masih kami dalami semuanya, apakah keterangan itu memang betul atau tidak, kami akan dalami," pungkas Yusri. (mcr3/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Fransiskus Adryanto Pratama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler