KSAL dan Para Jenderal Hadiri Upacara Wisuda 982 Calon Prajurit Bhayangkara Taruna

Sabtu, 30 Oktober 2021 – 09:58 WIB
KSAL Laksamana Yudo Margono menghadiri wisuda Calon Prajurit Bhayangkara Taruna (Caprabhatar) pada Upacara Wisuda Caprabhatar Akademi TNI dan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun Pendidikan 2021/2022 di Lapangan Saptamarga Akademi Militer (Akmil), Magelang, Kamis (28/10). Foto: Dispenal

jpnn.com, MAGELANG - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menghadiri wisuda Calon Prajurit Bhayangkara Taruna (Caprabhatar) pada Upacara Wisuda Caprabhatar Akademi TNI dan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun Pendidikan 2021/2022.

Acara tersebut berlangsung di Lapangan Saptamarga Akademi Militer (Akmil), Magelang, Kamis (28/10).

BACA JUGA: Putra dari Dua Prajurit KRI Nanggala-402 Berhasil Jadi Taruna AAL

Wisuda Prabhatar TNI dan Polri dilaksanakan setelah pendidikan integrasi selama 3 bulan yang merupakan bentuk sinergisitas dan soliditas TNI Polri sejak dini.

Dalam upacara tersebut, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang menjadi Inspektur Upacara (Irup) mewisuda sebanyak 982 Caprabhatar terdiri dari 779 Calon Prajurit Taruna (Capratar) Akademi TNI dan 203 Calon Bhayangkara Taruna (Cabhatar) Akpol.

BACA JUGA: Sekjen Himawan Ingatkan Taruna STPN Jaga Kredibilitas

Selanjutnya, akan dilantik menjadi Taruna Akademi TNI dan Taruna Akpol setelah dinyatakan lulus menjalani pendidikan dasar integratif kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol selama 3 bulan di Menchandra Akademi TNI Magelang.

Panglima TNI mengatakan tujuan pendidikan integrasi adalah membentuk prajurit Taruna Akademi TNI yang menjiwai Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI serta Bhayangkara Taruna Akademik Kepolisian yang menjiwai Tribrata dan Catur Prasetya secara bersama-sama.

BACA JUGA: Detik-detik KSAL Resmikan Pusat Latihan Tempur Marinir TNI AL

“Kalian diharapkan mampu membangun semangat integrasi, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan serta kondisi jasmani yang samapta untuk dapat mengikuti pendidikan selajutnya di Akademi TNI dan Akademi Kepolisian," ujar Panglima TNI.

Lebih lanjut, Panglima TNI mengatakan soliditas TNI Polri sebagai pilar kesatuan dan persatuan bangsa harus dipupuk dan dipelihara sedini mungkin.

“Sejarah telah membuktikan bahwa hanya dengan persatuan dan kesatuan, bersinergi dan bekerja sama maka segala bentuk permasalahan ini dapat kita selesaikan,” tegas Panglima TNI.

Sejalan dengan Panglima TNI, Kapolri menyampaikan pelatihan pendidikan antara Akademi TNI dan Akademi Kepolisian dalam bentuk pendidikan dasar integrasi di lembah tidar ini bertujuan mewujudkan sinergisitas dan soliditas yang dibentuk semenjak pendidikan dasar yang terus dikembangkan selama 4 tahun.

“Tentunya sinergisitas dan soliditas ini terus dibangun dari mulai awal dan sampai kapanpun ini menjadi kekuatan yang harus terus dipelihara, karena kunci utama untuk bisa kita sukses dalam menghadapi ancaman, baik dalam kedaulatan negara, ancaman dari luar dan dari dalam negeri maupun ancaman kunci utama agar kita bisa sukses melawan ancaman tersebut adalah soliditas dan sinergitas” ujar Kapolri.

Pendidikan Dasar Integratif Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol Tahun 2021  berlangsung selama 3 bulan dengan mendidik sebanyak 982 orang yang terdiri dari 779 Taruna Akademi TNI dengan rincian 449 Taruna Angkatan Darat, 190 Taruna/i Angkatan Laut serta 140 Taruna/i Angkatan Udara.

Turut Hadir dalam kegiatan Wisuda Prabhatar Akademi TNI dan Akpol, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fadjari mewakili KSAL, dan Danjen Akademi TNI Marsdya TNI Andyawan Martono P serta para Gubernur Akedemi Angkatan.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler