KSAL Pimpin Sertijab 4 Perwira Tinggi TNI AL, Berikut Daftar Namanya

Kamis, 20 Juli 2023 – 22:30 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) beberapa perwira tinggi di lingkungan TNI AL di Lobi Gedung R.E. Martadinata, Kamis (20/7). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) empat perwira tinggi TNI AL di Lobi Gedung R.E. Martadinata, Kamis (20/7).

Adapun nama-nama Pati TNI AL yang mengalami rotasi jabatan yaitu Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAL, Asisten Komunikasi dan Elektronika (Askomlek) KSAL, Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal), dan Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AL (Kadislitbangal).

BACA JUGA: TNI AL Amankan Ribuan Amunisi dari Kapal yang Tenggelam Saat Perang Dunia II

Jabatan Koorsahli KSAL diserahterimakan dari Laksamana Muda TNI Rubiyanto kepada Laksamana Muda TNI Budi Setiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Komunikasi dan Elektronika (Askomlek) KSAL. Selanjutnya, Laksamana Muda TNI Rubiyanto menjabat sebagai Staf Khusus KSAL.

Jabatan Askomlek KSAL dari Laksamana Muda TNI Budi Setiawan diserahkan kepada Laksamana Pertama TNI Dono Herbowo yang sebelumnya menjabat sebagai Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bidang Politik Lemhannas.

BACA JUGA: TNI AL Menggagalkan Penyelundupan 64 Koli Baju Bekas dari Malaysia

Jabatan Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) diserahkan dari Laksamana Pertama TNI Arif Badrudin kepada Kolonel Laut (P) Dodi Agus Prasetyo.

Selanjutnya Laksamana Pertama TNI Arif Badrudin mendapat promosi jabatan sebagai Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL) menggantikan Laksamana Pertama TNI Dato Rusman yang akan menempati jabatan baru sebagai Staf Khusus KSAL.

BACA JUGA: KSAL Terima Pelaporan Kenaikan Pangkat 16 Perwira Tinggi TNI AL, Berikut Daftar Namanya

Selanjutnya jabatan Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AL (Kadislitbangal) dari Laksamana Pertama Dr. Taufik Arief diserahterimakan kepada Laksamana Pertama TNI Budi Raharjo yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Kodikdukum Kodiklatal.

Sedangkan Laksma TNI Dr. Taufik Arief akan menempati jabatan baru sebagai Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal).

KSAL menyampaikan rotasi kepemimpinan sebagai manifestasi dari proses pembinaan personel secara berkesinambungan dan menyeluruh.

Dia berharap pergantian jabatan ini mampu memberikan kesempatan bagi tiap individu untuk membawa ide-ide segar, perspektif baru serta energi baru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab organisasi.

Lebih lanjut, KSAL menjelaskan jabatan baru yang diemban merupakan bentuk apresiasi yang diberikan kepada para perwira sebagai pengakuan atas prestasi, dedikasi, dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini.

“Saya percaya dengan karakter, loyalitas, dedikasi, dan pengalaman tugas yang dimiliki, para pejabat baru akan mampu memberikan kontribusi yang berarti dalam melaksanakan amanah ini,” ujar KSAL.

Rotasi, mutasi, dan promosi jabatan para pejabat ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/690/VII/2023 tanggal 26 Juni 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, yang telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 176 Perwira Tinggi (Pati) TNI, terdiri dari 73 Pati TNI AD, 59 Pati TNI AL dan 44 Pati TNI AU.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler