Kualat ke Musisi Legendaris, Jenner Sisters Ditinggal Fans dan Terancam Digugat

Senin, 03 Juli 2017 – 23:01 WIB
Contoh t-shirt karya Kendall dan Kylie yang dihujat. Manajemen dan keluarga musisi yang image-nya dicomot tanpa izin marah, dan ada yang membawa masalah ini ke jalur hukum. (KENDALLANDKYLIE.COM)

jpnn.com - Kendall dan Kylie Jenner terlibat masalah dengan sejumlah musisi legendaris. Pasalnya, dua bersaudari ikon fashion generasi milenial ini sembarangan menggunakan gambar musisi di seri kaus produksi mereka.

T-shirt vintage yang diluncurkan Rabu (26/6) lalu dengan brand Kendal+Kylie itu bergambar band dan musisi lawas seperti Metallica, Pink Floyd, KISS, Ozzy Osbourne, hingga Tupac Shakur dan Notorious B.I.G alias Christopher Wallace. Desainnya mirip-mirip, hitam dengan image para musisi lawas.

BACA JUGA: 3 Kata Untuk Kylie Jenner: Muda, Cantik, Sukses

Masalahnya, gambar-gambar tersebut digunakan tanpa seizin sang artis atau ahli waris mereka. Dengan kata lain, Kendall dan Kylie bisa diduga telah melakukan pelanggaran hak cipta. Terang saja banyak artis yang melayangkan protes keras.

Kini Kendall dan Kylie telah menarik seri kaus tersebut. Namun tampaknya langkah itu tak benar-benar menyelesaikan masalah.

BACA JUGA: Ladies, Simak Tips Cantik Bebas Jerawat dari Kendall Jenner

The Doors, salah satu band yang image-nya dicomot Kendall dan Kylie, berencana melayangkan gugatan resmi. Mereka mengawalinya dengan surat somasi.

Pengacara band yang lekat dengan sosok ikonik almarhum Jim Morisson itu menegaskan bahwa mereka tak pernah menerima permohonan izin dari Jenner Kendall dan Kylie.

”Selain pelanggaran merek dagang dan persaingan tidak sehat, pakaian tersebut melanggar hak publisitas Jim Morrison,” tulis pengacara itu seperti dilansir Rolling Stones.

BACA JUGA: Ini Rahasia Bebas Jerawat Kendall Jenner

Jeff Jampol, manajer The Doors, menambahkan bahwa hal yang dilakukan Jenners tersebut merupakan bentuk penghinaan.

”Ini ironi. Produk (T-shirt, Red) tersebut tidak ada nilai positifnya, baik secara moral, etika, maupun artistik,” kata Jampol.

Selain tidak minta izin kepada manajemen dan keluarga para musisi tersebut, desain kaus-kaus itu dinilai melecehkan.

Seperti T-shirt bergambar foto hitam putih wajah legenda musik hiphop Tupac Shakur dengan tulisan KK di bagian atasnya.

Ada juga foto Tupac dan Metallica yang ditimpa image seperti screen shoot Instagram Kylie. Serta kaus dengan foto almarhum Notorious B.I.G yang ditimpa foto Kendall.

”Aku tidak tahu siapa yang mengizinkan mereka melakukan ini. Mereka memanfaatkan kematian 2pac (Tupac, Red) dan putraku, Christopher, untuk menjual kaos. Ini tidak sopan, menjijikkan, dan eksploitasi yang sangat buruk,” tulis Volella Wallace, ibu B.I.G, di Instagram.

Sharon Osbourne, istri Ozzy Osbourne, lebih galak lagi terhadap dua gadis itu. Di Twitter dia menulis, ”Girls, kalian tidak berhak menyandingkan wajah kalian dengan musisi-musisi ikonik itu. Sudahlah, tetaplah menggeluti apa yang kalian tahu... lip gloss.” Hal itu tentu mengacu kepada Kylie yang sukses mengelola bisnis kosmetik.

Kendall dan Kylie lalu mengunggah permintaan maaf. ”Desain T-shirt itu tidak dipikirkan dengan baik dan kami minta maaf sedalam-dalamnya kepada pihak-pihak yang tersakiti. Terutama keluarga para musisi. Kami adalah fans berat karya mereka dan tidak ada sedikit pun niat untuk melecehkan,” demikian isi permintaan maaf tersebut.

Meski demikian, pihak manajemen dan keluarga tampaknya sulit memaafkan. Demikian pula fans. Sejak kontroversi kaus itu merebak, Kylie kehilangan 44 ribu followers di Twitter.

Salah satu yang bikin keluarga dan fans tetap murka adalah cara mereka memasarkannya. T-shirt tersebut dijual dengan harga USD 125 atau Rp 1,6 juta. Mereka dinilai berusaha meraup keuntungan dari para musisi legendaris. (adn/c25/na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kendall Pengin Lebih Sering Berpose Sensual


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler