Kubu Irjen Ferdy Sambo Keberatan Brigadir J Dimakamkan dengan Upacara Kedinasan

Kamis, 28 Juli 2022 – 18:17 WIB
Kubu keluarga Irjen Ferdy Sambo menyayangkan Brigadir J dimakamkan secara kedinasan. Foto: Dok Instagram Kadiv Propam Polri.

jpnn.com, JAKARTA - Jenazah Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat dimakamkan secara kedinasan Polri seusai diautopsi ulang di RSUD Sungai Bahar, Muaro Jambi, Jambi pada Rabu (27/7).

Prosesi pemakaman jenazah Brigadir J dilakukan secara kedinasan pada pukul 14.00 WIB.

Merespons itu, kuasa hukum keluarga Irjen Ferdy Sambo, Arman Hanis menyayangkan terlapor dugaan tindak pidana kekerasan seksual dimakamkan secara kedinasan.

Menurut dia, Perkap Nomor 16 Tahun 2014 dalam Pasal 15 ayat 1 menyatakan upacara pemakaman jenazah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf i, merupakan perwujudan penghormatan dan penghargaan terakhir dari bangsa dan negara terhadap pegawai negeri pada anggota Polri yang gugur, tewas, atau meninggal dunia biasa, kecuali meninggal dunia karena perbuatan yang tercela.

"Bahwa jelas dalam Perkap tersebut tegas disebutkan meninggal dunia karena perbuatan tercela tidak dimakamkan secara kedinasan, dalam hal ini terlapor diduga melakukan dugaan tindak pidana kekerasan seksual sehingga menurut hemat kami termasuk dalam perbuatan tercela," kata Arman dalam keterangannya, Kamis (28/7).

Arman juga mengkritisi kuasa hukum keluarga Brigadir J yang menyampaikan ada bekas jeratan tali pada leher eks ajudan Irjen Ferdy Sambo itu.

Menurut Arman, bekas jeratan tali pada leher Brigadir J hanya bisa disimpulkan oleh ahli melalui autopsi.

"Terbukti dari keterangan dari hasil autopsi yang disampaikan oleh tim autopsi, disampaikan bahwa tanda di leher tersebut adalah prosedur dalam melakukan autopsi," ujar Arman.

Arman meminta semua pihak agar tidak mengeluarkan pernyataan yang bersifat spekulasi dan atau asumsi terkait kasus penembakan itu.

"Bersabar menunggu hasil penyidikan yang dilakukan oleh tim khusus yang telah dibentuk oleh Kapolri," kata Arman.

Menurut keterangan resmi Mabes Polri, Brigadir J tewas karena baku tembak dengan Bharada E pada Jumat (8/7).

Insiden berdarah itu terjadi di rumah Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan. (cr3/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA JUGA: Soal Kasus Brigadir J, Anam: Komnas HAM Lebih Terbuka, Polri Terkesan Cari Aman

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kabar Terbaru Istri Ferdy Sambo, Patra: Komunikasi Bisa


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Fransiskus Adryanto Pratama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler