Kubu Jokowi Minta Fadli Zon Berpikir Sehat Masalah Rizieq

Kamis, 27 September 2018 – 18:42 WIB
Habib Rizieq Shihab (tengah) bersama Prabowo Subianto (kanan) dan Amien Rais (kiri) di Mekah, Arab Saudi, Sabtu (2/6). Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Ma'ruf Amin (TKN Jokowi - Ma'ruf) Irma Suryani Chaniago meminta Wakil Ketua DPR RI berpikir sehat karena menuduh pemerintah RI berupaya untuk mencekal Habib Rizieq Shihab di Arab Saudi.

Menurut Irma, sebuah negara memiliki aturan masing-masing yang tidak bisa diintervensi oleh bangsa lain.

"Namanya hubungan bilateral antarnegara enggak mungkin ada intervensi. Masak wakil anggota DPR enggak ngerti soal itu," kata Irma saat dikonfirmasi, Kamis (27/9).

BACA JUGA: Fadli Zon Mau Gelar Nobar G30S/PKI

Ketua DPP NasDem ini melanjutkan, Indonesia tidak bisa mencampuri urusan pencekalan di Arab Saudi. Irma menegaskan, tuduhan yang dilayangkan wakil ketua Partai Gerindra itu tidak mendasar.

"Mana boleh kami mencampur urusan negara lain apalagi intrvensi. Pakai pikiran yang sehat, pakai pikiran yang jernih, jangan selalu negatif thinking," kata Irma.

BACA JUGA: Fadli Zon Adukan Nasib Habib Rizieq ke Jokowi

Seperti diketahui, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan, berdasar cerita yang dia dapat, Habib Rizieq selama ini tidak ada masalah untuk bepergian ke luar negeri dari Arab Saudi.

Bahkan, lanjut Fadli, Habib Rizieq sebelumnya sudah pernah ke Yaman, Maroko, maupun Turki.

BACA JUGA: Catat, Polri Tak Campuri Pencegahan Habib Rizieq di Saudi

Fadli melanjutkan, baru kali ini Rizieq bersama keluarganya yang akan ke Malaysia dicegah. Habib Rizieq hendak mengurus atau menyelesaikan disertasinya di salah satu universitas di Malaysia.

Setibanya di pintu imigrasi Arab Saudi, Habib Rizieq tidak diloloskan. Yang diloloskan hanya keluarganya saja.

"Ketika peristiwa itu terjadi Habib Rizieq tidak bisa lolos dari (pemeriksaan) imigrasi, dan akhirnya keluarga di dalam kembali," kata Fadli.

Dia mengatakan, tim advokasi Habib Rizieq pun melihat ada yang janggal dengan pencegahan tersebut.

Fadli mendapat kabar bahwa dari kedutaan maupun Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menyatakan tidak ada masalah dan kasus apa pun terkait Habib Rizieq di sana.

"Jadi, jangan sampai ini justru ada upaya dari Indonesia atau pihak-pihak tertentu secara ilegal melakukan intervensi terhadap apa yang terjadi di sana," katanya. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fadli Zon Dipolisikan soal Video Potong Bebek Angsa PKI


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler