Kuncie Kolaborasi Bareng Magister Manajemen UGM, Ini Program yang Dibuat

Rabu, 24 Mei 2023 – 17:02 WIB
Platform pengembangan keterampilan, Kuncie dan Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada meluncurkan program Kuncie Executive Human Capital by UGM. Foto: Dok. Kuncie

jpnn.com, JAKARTA - Platform pengembangan keterampilan, Kuncie dan Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada meluncurkan program Kuncie Executive Human Capital by UGM.

Program tersebut bertujuan membantu leaders perusahaan dan praktisi di bidang human capital menaklukkan berbagai tantangan baru dan dapat
terus menjaga produktivitas tenaga kerja.

BACA JUGA: Dokter Cantik Ini Beri Kiat Agar Kulit Tetap Sehat dan Glowing

Seperti diketahui, krisis pandemi covid-19 mengubah lanskap ekosistem bisnis secara signifikan.

Semua berdampak ke ekosistem bisnis nasional hingga membawa ke era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity atau Gejolak, Ketidakpastian, Kompleksitas, dan Ambiguitas) dan menghadirkan tantangan yang sulit diprediksi, khususnya pada bidang Human Capital.

BACA JUGA: Jakarta International Vape Expo 2023 Segera Digelar, Ini Jadwalnya

Oleh sebab itu, Kuncie bersama dengan Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada untuk meluncurkan program Kuncie Executive Human Capital by UGM.

"Sebuah kehormatan bagi kami untuk berkolaborasi bersama UGM, dalam menyusun program ini untuk menjadi sebuah solusi bagi para perusahaan, praktisi Human Capital, dan para leaders di Indonesia," kata Hendra Saputra, CEO Kuncie dalam keterangan pers, Rabu (24/5).

BACA JUGA: Program PHINLA Tingkatkan Jumlah Bank Sampah di Jakarta

Dalam rangkaian peluncuran program Kuncie Executive Human Capital by UGM, terdapat sesi EduTalkshow yang membahas peran leadership dalam meningkatkan keterlibatan dan produktivitas karyawan untuk mendorong stabilitas dan pertumbuhan perusahaan.

Upaya perusahaan untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja melalui adaptasi dan pengaturan ulang strategi dalam pengelolaan sumber daya manusia dalam perusahaan juga dibahas.

Hal tersebut perlu dilakukan agar harmonisasi dan dinamika dalam perusahaan dapat tetap terjaga dan pemulihan serta pertumbuhan bisnis dapat dicapai lebih cepat.

Program Kuncie Executive Human Capital by UGM hadir untuk membantu menghadapi tantangan dan mengoptimalkan peran para leaders untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan dalam pengelolaan talenta-talenta yang ada agar dapat mendorong perusahaan
secara berkelanjutan.

Prof. Amin Wibowo, Ph.D. selaku Director MBA UGM mengatakan bahwa perhatian terhadap Human Capital menjadi makin urgen pada masa sekarang.

Sebab, teknologi memberikan peluang efisiensi terhadap apa yang sebelumnya banyak didominasi oleh manusia.

"Di satu sisi, ini adalah ancaman terhadap peran manusia, tetapi di sisi yang lain, manusia dituntut untuk makin mengembangkan aspek yang tidak akan tergantikan oleh mesin, seperti pada aspek wisdom. Pemahaman yang mendalam akan peran strategis Human Capital akan membuka jalan kepada wisdom tersebut," jelas Amin Wibowo.

Rocky Adiguna, Ph.D., Deputy Director MBA UGM menjelaskan, kemudahan akses terhadap ilmu dan pendidikan adalah pondasi bagi peningkatan
kualitas manusia pada sebuah bangsa.

Dalam konteks ini, kolaborasi antara UGM dan Kuncie dalam merancang program Human Capital menggambarkan titik awal yang menarik.

"Setelah pandemi, kami melihat bahwa peran Human Capital menjadi makin krusial. Kami sangat berharap melalui program Kuncie Executive Human Capital yang dijalankan oleh UGM dapat menjadi solusi bagi para praktisi Human Capital, pemimpin perusahaan, dan berbagai pemangku kepentingan lain atas tantangan yang timbul dalam lingkungan yang semakin dinamis,” beber Rocky Adiguna.

Pendaftaran program tersebut dibuka hingga 2 Juni 2023 dengan biaya sebesar Rp16.000.000.

Kelas pertama akan dimulai pada 3 Juni 2023 dan kegiatan belajar akan berlangsung selama 18 pekan.

Informasi lengkap mengenai program dan pendaftaran bisa diakses di laman resmi Kuncir.

Kuncie merupakan platform pengembangan keterampilan talenta-talenta di Indonesia dengan belajar langsung dari para praktisi dan ahli di bidangnya.

Sejak diluncurkan pada Juli 2021, Kuncie telah diunduh lebih dari satu juta kali di Google Play Store, dengan pertumbuhan pengguna aktif rata-rata 45,5 persen serta menduduki peringkat pertama aplikasi edukasi di Google Play Store Indonesia.

Kuncie juga berhasil meraih penghargaan Best Personal Growth dalam ajang Google Play Awards 2021 sebagai aplikasi yang berfokus pada pengembangan potensi setiap talenta di Indonesia melalui pembelajaran maupun pengembangan keterampilan di berbagai bidang.

 (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler