Kunjungan Bos IMF Belum Bicarakan Utang

Senin, 09 Juli 2012 – 18:03 WIB

JAKARTA – Manager Director Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde dalam kunjungannya ke Indonesia akan membicarakan masalah perkembangan ekonomi global. Belum dibicarakan mengenai rencana utang IMF kepada Indonesia.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan pertemuan ini lebih difokuskan pada diskusi mengenai perkembangan ekonomi dunia terbaru termasuk perekonomian Indonesia.

“Secara umum hanya mendiskusikan ekonomi dunia, bagaimana ekonomi ASEAN dan bagaimana ekonomi Indonesia,” jelas Agus usai menemui petinggi IMF itu, di Jakarta, Senin (9/7).

Dalam pertemuan tersebut, sambung Agus, orang nomor satu di IMF ini akan memberikan update perkembangan ekonomi dunia, terutama perlambatan ekonomi dunia serta dampaknya terhadap negara-negara maju dan berkembang.

“Yang mungkin dijelaskan adalah reformasi yang dilaksanakan di IMF karena IMF juga telah diminta untuk melakukan reformasi di dalamnya oleh pimpinan G20.  Jadi nanti itu yang akan disampaikan,” terangnya.

Terkait dengan rencana utang IMF ke Indonesia sebesar USD1 miliar pihaknya menjelaskan dalam pertemuan tersebut belum menyangkut komitmen tersebut. “IMF kan managing directornya baru. Jadi melakukan kunjungan ke negara-negara dan antara lain ke Indonesia,”pungkasnya.

Lagarde membenarkan, kunjungannya untuk berdiskusi tentang ekonomi global saat ini dan kondisi perekonomian regional.  "Juga mereka memberikan informasi tentang perekonomian Indonesia berjalan baik,” ujar Christine Lagarde. (naa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Politisi PDIP Kecam Rencana Kedatangan Petinggi IMF


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler