Kunjungi Eropa, Tim Baleg DPR Habiskan Rp 1,3 Miliar

Rabu, 05 September 2012 – 18:28 WIB
JAKARTA - Sebanyak 22 anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR yang terbagi dalam dua tim, mulai Senin (3/9) hingga Jumat (7/9) berada di Turki dan Denmark dengan dalih untuk studi banding Rancangan Undang-Undang (RUU) Palang Merah Indonesia (PMI). Demi membiayai wakil Rakyat itu ke Eropa, negara harus mengeluarkan dana Rp 1,3 miliar.

Koordinator Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Uchok Sky Khadafi, mengungkapkan,  satu tim Baleg terdiri dari 11 orang. "Tim Baleg DPR ke Turki dibiayai APBN sebesar Rp636 juta dan yang ke Denmark sebesar Rp666 juta. Jadi total anggaran yang dipakai Rp1,3 miliar" kata Uchok kepada wartawan di gedung DPR, Senayan Jakarta, Rabu (5/9).

Selain itu lanjutnya, ada tambahan biaya uang harian sebesar Rp4,2 juta per hari. Sementara penerbangan ke Turki untuk satu seorang anggota dewan sebesar Rp59 juta.

Sedangkan nama-nama anggota Baleg DPR yang ke Turki antara lain Sunardi Ayub (Hanura), Anna Mu'awanah (PKB), Hari Wicaksono (PD), Khotibul Umam Wiranu (PD), Didi Irawadi (PD), Nurliah Marlia Mukhtar (Golkar), Tety Kadi Bawono (Golkar), Eddy Mihati (PDIP), Aus Hidayat Nur (PKS), Rusli Ridwan (PAN), dan Zainut Tauhid (PPP).

Sementara yang ke Denmark antara lain Dimyati Natakusumah (PPP), Ignatius Mulyono (PD), Zulmiar Yanri (PD), Ade Surapriatna (Golkar), Irvansyah (PDIP), Hoing Sanny (PDIP), Bochori Yusuf (PKS),  Mardani Ali Sera (PKS), Jamaluddin Jafar (PAN), M Unais Ali Hisam (PAN), dan Djamal Aziz (Hanura). (fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PPP Himpun Tokoh Menangkan Foke-Nara

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler