Kunjungi Pedalaman Lampung, Ganjar Disambut Warok dan Kejutan dari Warga

Kamis, 26 Oktober 2023 – 19:24 WIB
Capres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo mengunjungi Desa Nambah Dadi di Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung pada Kamis (16/10). Foto: Tim media GP

jpnn.com, LAMPUNG TENGAH - Capres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo mengunjungi Desa Nambah Dadi di Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung pada Kamis siang (26/10/2023).

Begitu membuka pintu mobil saat tiba di Desa Nambah Dadi, eks gubernur Jawa Tengah itu langsung memperoleh kejutan.

BACA JUGA: Kiai Muda Ganjar Rapatkan Barisan dan Perkokoh Solidaritas Bareng Ulama di Mojokerto

Ada warok yang menyambut bakal capres dari koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo itu.

Warok adalah pendekar atau jagoan yang disegani, terutama di wilayah Ponorogo, Jawa Timur. Biasanya warok juga menjadi pentolan kelompok reog.

BACA JUGA: Ganjar dan Uskup Bandar Lampung Mgr Vincensius Bicara Kebinekaan Sembari Menyantap Bubur Ayam

Memang desa di pedalaman Lampung itu jauh dari Ponogoro yang dikenal sebagai Kota Reog. Namun, di Lampung ada banyak kelompok reog, lengkap dengan waroknya.

Ganjar yang melihat kejutan itu langsung tersenyum. Rekan Mahfud MD di Pilpres 2024 itu pun melambaikan tangannya ke para penari reog.

Syahdan, Ganjar diajak masuk ke rumah tokoh masyarakat setempat. Dia diberi songkok hitam khas pemain ludruk dan dikalungi tapis.

Dari rumah tokoh masyarakat tersebut, Ganjar berjalan kaki menuju lapangan desa setempat. Ratusan warga ikut berjalan kaki mengiringi tokoh kelahiran 28 Oktober 1968 itu.

Agenda Ganjar di desa itu ialah bertemu masyarakat serta menyerahkan bantuan bibit padi dan jagung kepada perwakilan petani di desa setempat. Namun, Ganjar justru kembali memperoleh kejutan.

Di lapangan desa itu ada Gebyar Budaya untuk menyambut Ganjar. Sebelum masuk ke lapangan, ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) itu disuguhi reog lagi.

Tentu saja Ganjar merasa sangat senang dan terhormat karena mendapat kejutan berkali-kali dari warga. Ada berbagai atraksi budaya di lapangan desa itu.

"Ini surprise buat saya karena tadi janjinya saya hanya mengunjungi kelompok masyarakat, ternyata mereka membuat acara dadakan dan ramainya luar biasa,” tuturnya.

Ganjar tidak menyangka banyak sanggar seni terlibat untuk menyambutnya. “Anak-anak menari, saya merasa terhormat saja," ujarnya.

Oleh karena itu, Ganjar mengucapkan terima kasih kepada warga dan seniman yang menyambutnya dengan Gebyar Budaya.

“Ternyata yang begini menghibur masyarakat jadi bahagia. Top, ya," ucapnya.

Salah seorang penari reog, Handoyo Cahyo Timur, menuturkan seluruh seniman di Lampung turun tangan menyelenggarakan Gebyar Budaya.

“Ini untuk menyambut kedatangan Pak Ganjar,” ujar Cahyo.

Lebih lanjut Cahyo menyebut Ganjar merupakan sosok yang tepat untuk memimpin Indonesia ke depan.

Bakal capres yang juga menantu kiai di Purbalingga, Jawa Tengah, itu juga diyakini sebagai sosok yang sangat peduli terhadap para seniman.

“Kami berharap seniman bisa maju dan sejahtera dan kesenian kita jangan sampai diklaim negara lain," kata Cahyo.(jpnn.com)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Elvi Robiatul, Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Ganjar   Warok   Reog   PDIP   Capres   Budaya  

Terpopuler