Kunjungi Pemilik Martabak Move On, Menko Airlangga Bilang Begini

Sabtu, 19 Juni 2021 – 20:33 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengunjungi Abdul Jalal, pemilik usaha Martabak Move On, Sabtu (19/6) di Yogyakarta. Foto dok Kemenko

jpnn.com, YOGYAKARTA - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengunjungi Abdul Jalal, pemilik usaha Martabak Move On, Sabtu (19/6) di Yogyakarta.

Abdul Jalal merupakan salah satu alumni Program Kartu Prakerja Gelombang 6.

BACA JUGA: Beri Dukungan Kepada Anji, Jerinx: Kamu Sudah Buktikan Kesetiaanmu, Giliran Saya Menginjak Balik

Dalam obrolan santai penuh canda tersebut, Abdul Jalal menceritakan, manfaat dan modal yang didapat dari mengikuti Program Kartu Prakerja digunakan untuk membangun usaha kuliner bernama Martabak Move On.

“Sebenarnya yang paling penting dari Program Kartu Prakerja bukan insentifnya, tapi ilmunya. Hanya karena belajar cara mengocok telur dengan benar, sekarang martabak saya jadi lebih enak,” kata Jalal.

BACA JUGA: Aktivitas Masyarakat Berselancar di Dunia Maya Naik, Kominfo Dorong KIM Bertransformasi Jadi Lebih Digital

Sebelum mengikuti Program Kartu Prakerja, Jalal memang sudah menjalankan usaha kuliner.

Namun, usaha tersebut belum terlalu berhasil. Merasa membutuhkan tambahan pengetahuan dalam berjualan dan mengolah makanan, Jalal memutuskan untuk mengikuti Program Kartu Prakerja.

BACA JUGA: Menko Airlangga Minta BNI Berikan KUR untuk Alumni Prakerja Penyandang Disabilitas

Pelatihan yang diambil adalah 'Membuat Banana Coco Roll' dan 'Sukses Jual Beli Marketing di Media Sosial'.

Dari pelatihan tersebut, ilmu yang didapat coba  diaplikasikan dalam pembuatan martabak mini dan hasilnya martabak kreasinya jadi lebih disukai pasar.

Airlangga Hartarto mengapresiasi kreatifitas Abdul Jalal dalam memanfaatkan peluang.

“Saya sangat mengapresiasi Mas Jalal yang melihat Program Kartu Prakerja ini sebagai sebuah peluang untuk mengembangkan kemampuannya dalam mengolah dan memasarkan produk usahanya. Mas Jalal memanfaatkan situasi ini untuk mulai memasarkan produknya secara digital. Semangat pantang menyerah ini tentu sangat menginspirasi kita semua,” tutur Airlangga.

Airlangga juga memberikan bantuan berupa kompor dan mixer untuk Jalal. Selain itu, Jalal juga mendapatkan Kredit Usaha Rakyat dari Bank BNI.

“Keberhasilan Kartu Prakerja sangat bergantung kepada bagaimana penerimanya memanfaatkan pelatihan yang ada. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh penerima Kartu Prakerja agar menggunakan kesempatan ini untuk skilling, upskilling, dan reskilling,” seru Airlangga.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Seperti ini Sosok Vincent Verhaag di Mata Jessica Iskandar


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler