La Furia Roja tanpa Villa

Kamis, 24 Mei 2012 – 16:43 WIB

BARCELONA - Penantian Spanyol terhadap David Villa berakhir sia-sia. Kemarin, Villa mengumumkan apabila dirinya bakal absen di Euro 2012. Cedera patah tulang kering yang belum pulih sejak Desember lalu menjadi penyebab Villa absen di even empat tahunan tersebut.
 
"Saya berusaha sekuat tenaga, tapi saya tetap tidak akan berada dalam kondisi seratus persen saat Euro," kata Villa di akun Twitter-nya.
 
"Saya sudah memberitahukan hal ini kepada pelatih timnas (Vicente del Bosque, Red). Saya harus mengatakan kondisi saya yang sejujurnya," tambah pemain 30 tahun tersebut.
 
Absennya Villa diperkuat rilis dari Barca " sebutan Barcelona. Dokter tim Barca Richard Pruna mengatakan apabila Villa memang sudah kembali berlatih sejak sebulan lalu. "Tapi, berdasarkan analisa terakhir, kondisi fisiknya masih belum siap, termasuk untuk tampil beberapa menit di final Copa del Rey (Barca akan menghadapi Athletic Bilbao di Vicente Calderon, 25/5, Red)" kata Pruna di situs resmi klub.
 
Sekalipun sudah dikhawatirkan sebelumnya, kepastian absennya Villa jelas menjadi pukulan telak Spanyol dalam upaya mempertahankan gelar empat tahun lalu di Austria-Swiss. Bagaimana tidak, Villa adalah top scorer sepanjang masa La Furia Roja -sebutan Spanyol- dengan 51 gol.
 
Kontribusi Villa pun sangat signifikan. Di Euro 2008, dia tampil sebagai top scorer dengan lesakan empat gol yang dicetaknya di dua laga awal sekalipun harus berkorban dengan absen di final karena cedera. Sedangkan di Piala Dunia 2010, Villa yang mengoleksi lima gol hanya kalah assist dari Thomas Muller (Jerman) dalam persaingan pemain tersubur.
 
Villa sekaligus pilar kedua Spanyol asal Barca yang menarik dari dari Euro. Nama sebelumnya adalah Carles Puyol, defender plus kapten Barca. Kabar absennya Villa pun disambut kekecewaan oleh sejumlah penggawa Spanyol yang menjalani pemusatan latihan di Schruns, Austria.
 
"Sayang sekali, kami kehilangan pemain yang telah banyak memberi kontribusi bagi timnas dengan gol-golnya," kata Jesus Navas, winger asal Sevilla seperti dilansir Marca.
 
"David (Villa) adalah pemain kunci, tapi kami tetap harus berpikir ke depan," sahut Alvaro Dominguez, defender asal klub jawara Europa League Atletico Madrid. (dns/bas)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Duka Indonesia, Persebaya Siap Laga


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler