Laga Perdana Sukses

Minggu, 02 Desember 2012 – 08:09 WIB
Suporter Bobotoh. Foto: Ramdhani/dok.JPNN
BANDUNG- Persib Bandung berhasil memupukkan kemenangan di laga perdananya dalam babak penyisihan grup B turnamen Inter Island Cup (IIC) 2012 setelah mengkandaskan lawannya Persegres Gresik United yang digelar di Stadion Siliwangi Bandung dengan skor akhir 2-0 (1-0).

Dengan kemenangan itu, tentunya Persib Bandung berada di urutan teratas klasemen sementara grup B dengan raihan poin 3 diikuti Persidafon Dafonsoro yang sama meraih poin sempurna setelah mengkandaskan lawannya Persepam Pamekasan Madura dengan skor tipis 1-0 di partai pertama.

Dua gol yang dicetak anak-anak Bandung itu, berhasil disarangkan kedua pemain asing anyarnya Naser Al Sebai di menit 25 babak pertama dan Kenji Adachihara di menit 73 babak kedua.

Pada laga tersebut, Persib Bandung hampir menurunkan seluruh punggawanya tak terkecuali penjaga gawang I Made Wirawan dan Supardi yang masih berkutat dengan cedera.

Meski begitu, diakui pelatih kepala tim Persib Bandung, Jajang Nurjaman jika timnya mampu meraih kemenangan di laga perdananya dengan bermain semaksimal mungkin. "Alhamdulillah akhirnya kita bisa memenangkan pertandingan pertama. Saya berterimakasih kepada anak-anak karena tengah berusaha bermain maksimal," ucapnya usai pertandingan.

Di laga tersebut, Jajang mengaku jika lawannya tersebut tampil sangat baik dan cukup sulit untuk mengalahkannya sehingga tak jarang bola pun sering terhenti di lini tengah

"Secara permainan pertandingan sangat baik, saya respect kepada Gresik, mereka bermain baik seperti yang sudah saya katakan, mereka lawan yang sulit untuk dikalahkan," akunya.

Dengan begitu, Jajang pun langsung mengubah komposisi pemainnya dengan memasukkan Kenji Adachihara di menit 70. Terbukti dengan diubahnya komposisi tersebut, timnya mampu menggandakan golnya menjadi 2-0 hingga peluit babak akhir dibunyikan kedudukan tetap tidak berubah.

"Ya, babak kedua, kita mulai sedikit menurunkan tempo serangan karena ingin mempertahankan kemenangan. Tapi kita coba untuk keluar dari itu dengan memasukkan kenji, tim pun berubah pola, kita pun kembali menguasai dan alhamdulilah terjadi gol lagi," ungkapnya.

Sementara menurut pelatih Persegres Gresik United, Suharno kekalahan itu bukan suatu hal yang patut dipikirkan. Baginya, kekalahan itu akan dijadikan cerminan untuk kedepannya, pasalnya sebelumnya pihaknya tidak terlalu menargetkan anak asuhnya untuk meraih kemenangan.

"Saya tidak masalah dengan kekalahan ini, ini kan ajang turnamen bukan kompetisi, kita bisa manfaatkan untuk kompetisi nanti," ucapnya "Kita jadikan ini sebagai koreksi," jelasnya.

Meski begitu, Suharno mengatakan jika anak asuhnya tidak dapat mempertahankan konsentrasinya dalam bermain. Sehingga dua gol yang dilesatkan Maung Bandung tidak bisa diantisipasi anak asuhnya.

"Anak-anak kurang konsentrasi, seharusnya gol yang tercipta bisa terbaca," terangnya.

"Babak pertama kita kurang bagus, babak kedua kita bisa antisipasi," sambungnya. Selain itu, pada laga tersebut pihaknya masih akan menyimpan beberapa pemainnya, untuk itu, soal hasil Suharno tidak mempermasalahkannya.

"Banyak yang belum kita turunkan. Jadi kalau soal hasil saya tidak melihat itu," pungkasnya.

Dibabak pertama Persib Bandung menurunkan, Shahar Ginanjar, Tony Sucipto, Abanda Herman, Naser Al Sebai, Jajang Sukmara, Asri Akbar, Mbida Messi, M Ridwan, Atep (c), Firman Utina dan Herman Dzumafo Epandi

Sedangkan tamunya Persegres Gresik United menurunkan, Hery Prasetya, Sasa Zecevic, Park Chui Hyung, David Paristian, Supandi, K Munip, Dirga Lasut, Gustavo Chena (c), Shohei Matsunaga, Siswanto, dan Aldo Bareto.

Di awal babak pertama tim Persib Bandung langsung melakukan serangan, baru saja memasuki menit ke-4, kapten kesebelasan Atep hampir menjebol gawang lawannya namun sayang bolanya masih melebar di sisi gawang yang dijaga Hery Prasetya.

Menit 13, David Paristian diganjar kartu kuning setelah menjatuhkan Dzumafo cukup keras. Menit 16, gol Atep dianulir wasit karena lebih dulu terlihat offside.

Menit 24, Firman Utina mendapatkan kartu kuning setelah menakel lawannya Gustavo Chena cukup keras.Menit 25, bek anyar Persib Bandung, Naser Al Sebai berhasil merubah skor menjadi 1-0 setelah mendapatkan umpan terarah dari Atep, dengan kaki kanannya bola tersebut masuk kedalam gawang Hery Prasetya.

Menit 35, kiper Persegres Hery Prasetya harus ditandu keluar karena mengalami cedera sehingga terpaksa digantikan Agung Prasetya. Di menit tambahan waktu babak pertama, tim Persegres kembali mendapatkan kartu kuning T Munip, setelah menjegal Mbida Messi lewat tacklingnya. Messi pun harus mendapatkan perawatan akibat tacklingnya tersebut.

Hingga peluit babak pertama berakhir kedudukan tidak berubah dan tetap 1-0 untuk keunggulan sementara Persib Bandung. Memasuki babak kedua, Persegres melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Matsunaga dan memasukkan Risky Novriansyah.

20 menit berjalan, pertandingan berjalan dengan tempo sedang. Kedua kesebelasan saling melancarkan serangan dengan tidak merubah skor. Menit 68, Persegres kembali mendapatkan kartu kuning. Menit 70, Firman Utina ditarik keluar karena mendapatkan cedera dan digantikan Kenji Adachihara.

Menit 72, Persegres menggantikan pemainnya dengan memasukkan Khabib Sukron. Tepat Menit 73, Persib Bandung berhasil menggandakan golnya oleh pemain yang baru saja masuk, Kenji Adachihara dengan sundulannya setelah berhasil memanfaatkan umpan dari strikernya Dzumafo.

Di laga selanjutnya, tim Persib Bandung akan menjamu tim Persepam Pamekasan Madura yang digelar Senin, (3/11) di Stadion Siliwangi Bandung.(gin)
BACA ARTIKEL LAINNYA... MU vs Reading, Tujuh Gol dalam 34 Menit

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler