Lakers Lolos dari Lubang Jarum

Hadapi Thunder di Semifinal Wilayah

Senin, 14 Mei 2012 – 11:06 WIB
LOS ANGELES - Los Angeles Lakers lolos dari lubang jarum. Kemarin WIB (13/5), mereka berhasil memenangi laga do or die melawan Denver Nuggets di Staples Center. Lakers menang 96-87 untuk merebut tiket ke semifinal wilayah dengan agregat 4-3.

Pada semifinal wilayah, Kobe Bryant dkk akan menghadapi Oklahoma City Thunder yang dengan perkasa membekap juara bertahan Dallas Mavericks dengan 4-0. Sebagai tim dengan peringkat lebih baik, Thunder berhak menjalani empat game di kandang sendiri Chesapeake Energy Arena, Oklahoma City. Game pertama akan diselenggarakan di sana pada pada Selasa WIB besok (15/5).

Pada laga kemarin, Pelatih Nuggets George Karl sebenarnya sudah berhasil menerapkan stretegi untuk mematikan dan menutup ruang gerak Kobe. Sebab walau Nuggets menang dalam dua game beruntun, namun Kobe tetap merajalela dengan torehan 43 dan 31 poin. Akibatnya, Kobe hanya mendulang 17 poin, jauh di bawah rata-rata perolahan angkanya selama playoff yakni 29,1 poin per game.

Namun, di saat mega bintang 33 tahun itu redup, dua big man Lakers Pau Gasol dan Andrew Bynum justru gila-gilaan. Gasol menjadi pemain tersubur dengan 23 poin dan 17 rebound. Bynum juga tampil fantastis lewat double-double 16 poin dan 18 rebound.

Pada laga itu, Gasol memang pantas mendapatkan pujian setinggi langit. Hanya mampu mencetak tiga dan sembilan poin pada dua laga sebelumnya, pemain asal Spanyol itu membuktikan diri sebagai salah satu big man papan atas NBA.

Gasol juga sangat hustle dan punya determinasi hebat. Momen yang membuat hampir 19 ribu fans di Staples Center tercengang terjadi pada tengah kuarter empat. Yakni saat Gasol akhirnya bisa mentip bola dengan satu tangan, paska lima kali memenangi perebutan bola melawan forward Nuggets Kenneth Faried.

"Kami sangat agresif. Kami menyerang hebat di paint area. Kami menghantam papan ring sekeras yang kami bisa, sepanjang waktu," ujar Gasol kepada Associated Press.          

Kunci lain kemenangan Lakers adalah kembalinya forward Metta World Peace pasca skorsing tujuh laga karena menyikut guard OKC Thunder James Harden April lalu. Bermain 43 menit, World Peace tampil memikat dengan 15 poin. Lebih dari soal angka, defense pemain bernama asli Ron Artest itu sangat solid.

"Dia (World Peace, Red) hebat malam ini. Memang tidak terlihat pada statistik. Namun, Metta menyumbangkan energi defense luar biasa pada tim," kata Mike Brown, pelatih sementara Lakers menyinggung World Peace. "Ingat, dia absen dalam enam laga playoff. Jadi apa yang dia tunjukkan sungguh mengagumkan," imbuhnya.

Sementara itu Boston Celtics memulai laga semifinal wilayah timur dengan baik. Paul Pierce dkk mengalahkan Philadelphia 76ers dengan skor tipis 92-91 di kandang sendiri TD Garden, Boston kemarin.

Point guard Celtics Rajon Rondo tampil luar biasa dahsyat dengan triple double 13 poin, 17 assist, dan 12 rebound. Bintang veteran Kevin Garnett menjadi top scorer timnya dengan 19 poin dan 11 rebound. (nur/ang)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Mancini Kejar Tujuh Trofi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler