Lakukan 8 Hal Ini Agar Anda Terhindar dari Diabetes

Selasa, 19 Desember 2017 – 22:40 WIB
Diabetes. Ilustrasi. Foto Healthaim

jpnn.com - Diabetes adalah salah satu penyakit yang paling populer di seluruh dunia. Sayangnya, penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara total.

Penderita penyakit ini harus selalu menjaga dietnya agar tidak kambuh dan terjadi komplikasi.

BACA JUGA: Penderita Diabetes Rentan Terkena Stroke?

Diabetes merupakan gangguan metabolisme, di mana tubuh sudah tidak mampu lagi untuk menghasilkan hormon insulin dalam jumlah yang cukup, serta tidak mampu menggunakan insulin dengan benar.

Insulin adalah hormon yang berperan sangat penting bagi tubuh untuk mengubah gula, pati dan makanan lain menjadi energi yang digunakan tubuh.

BACA JUGA: Empat Jenis Makanan ini Penyebab Diabetes

Kurangnya produksi insulin berarti tubuh akan kekurangan energi yang bisa hadir dengan banyak komplikasi dan masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, lebih baik sekarang marilah kita untuk memulai mengambil langkah-langkah preventif, sebelum diabetes benar-benar menimpa kita.

BACA JUGA: 5 Hal Ini Bisa Membuat Anda Gampang Gemuk

Berikut ini beberapa kiat terbaik untuk mencegah atau menghindari terkena diabetes, seperti dilansir laman Care2.

1. Turunkan berat badan.

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, kehilangan setidaknya 10 persen dari berat badan Anda bisa menunda timbulnya diabetes dan membantu Anda bertahan lebih lama.

Anda bisa melakukannya sendiri atau dengan bantuan pendidik diabetes, ahli gizi atau dengan dokter Anda.

2. Kurangi semua makanan dan minuman yang manis

Itulah peraturan No. 1 jika Anda ingin mencegah diabetes.

Diabetes adalah tambahan gula dalam darah Anda, jadi jelas lebih banyak gula yang Anda dapatkan dari makanan dan minuman, maka akan semakin banyak gula yang akan Anda dapatkan.

3. Makan porsi lebih kecil.

Lebih mudah bagi tubuh Anda untuk mengolah makanan saat porsinya lebih sederhana, jadi lebih baik makan kecil lima sampai enam kali sehari, bukan satu atau dua makanan besar sehari.

Dengan sedikit makanan, Anda bisa membakar kalori saat Anda.

4. Makan lebih banyak buah dan sayuran

Mereka kaya akan serat dan serat membantu membersihkan sistem Anda dan mengendalikan gula darah Anda.

Konsumsi kacang-kacangan, kacang lentil, buncis, kedelai dan jangan lupa menyertakan biji-bijian dalam makanan Anda, beralih dari roti putih ke roti gandum utuh dan dari nasi putih ke nasi merah.

5. Minum banyak air

Minumlah setidaknya delapan gelas air sehari. Jika Anda tidak menyukai air biasa, tambahkan sedikit lemon atau masukkan dengan potongan jeruk, beri atau mint untuk memberi sedikit rasa.

Jangan menambahkan campuran minuman manis atau meraih cola.

6. Makanlah pada jadwal reguler

Hal ini akan membantu tubuh Anda menciptakan ritme untuk mengelola insulin dan gula dengan lebih baik.

Misalnya, Anda mungkin ingin makan sederhana setiap tiga jam atau lebih, sarapan pukul 8 pagi, kudapan pukul 11 ??pagi, makan siang pukul 1 siang, makanan ringan jam 4 sore dan makan malam pukul 7 pagi.

7. Latihan

Setiap kali kita berolahraga, sel kita membuka pintu untuk membiarkan glukosa dari darah masuk ke dalam gula dan mengolahnya menjadi energi.

Rekomendasinya mudah, total 30 menit latihan sehari, lima hari seminggu.

8. Mengelola stres Anda

Ada hubungan pikiran-tubuh dengan diabetes. Saat Anda stres, gula darah Anda naik karena tubuh Anda melepaskan hormon stres tertentu yang menyebabkan hati Anda menghasilkan lebih banyak glukosa, American Psychological Association mencatat.

Temukan cara untuk mengatasi stres dalam hidup Anda. Ini berbeda untuk setiap orang, jadi pikirkan hal-hal yang membantu Anda bersantai, bisa membaca, mendengarkan musik, menonton film, berjalan-jalan, bermain dengan anjing Anda, menari atau berbicara dengan seorang teman.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Akhir Pekan, Ketua MPR Zumba Bareng Penderita Diabetes


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
diabetes  

Terpopuler