Lala Karmela Kembali dengan Semangat Baru

Minggu, 26 Desember 2010 – 07:22 WIB
Lala Karmela. Foto: AreaMagz.com
JAKARTA - Melihat wajah imutnya serasa tidak asingPemilik nama lengkap Karmela Mudayatri Herradura Kartodirdjo (25) itu memang pernah berkarir di Indonesia

BACA JUGA: Olivia Zalianty Belajar dari Pengalaman Ibu

Perempuan yang sekarang lebih dikenal dengan nama Lala Karmela tersebut pernah bermain sinetron sekitar 2003 dengan judul Senandung Masa Puber.

Perempuan yang akrab disapa Lala itu juga pernah eksis dalam grup musik Inersia pada 2004-2005
Tapi kemudian, tak ada lagi kabar mengenainya

BACA JUGA: Asmirandah, Nikmati Kerja Meski Libur

Sebab, ternyata Lala berkarir di Filipina.

Kini dia kembali lagi ke tanah kelahirannya
Mencoba berkarir di negara sendiri

BACA JUGA: Dukung Raffi Lebih Baik

Meski harus dimulai lagi sejak awal dan penuh tantangan, Lala tak keberatanPadahal, karirnya di Filipina sangat bagusMeski baru memiliki satu album berjudul Stars, perempuan kelahiran 2 April 1985 itu sudah diakui dengan mendapatkan beragam nominasi penghargaan musik di sanaNominasi tersebut, antara lain, Best New Female Artist, Best New Comer, dan Best Duet of The Year pada penghargaan insan musik Filipina MYX Music Awards.

Bungsu di antara tiga bersaudara itu mendapatkan kesempatan duet dengan Christian Bautista di lagu UnsaidLagu itulah yang kemudian mengantarkannya mendapatkan nominasi duet terbaikDia juga pernah menjadi performing act saat grup Click Five tampil di FilipinaKarirnya di negara yang dikenal dengan pertanian padi bukitnya tersebut sebenarnya terjadi secara tidak sengaja.

Lala lahir dari orang tua beda negaraAyahnya bernama Eko Kartodirdjo, asal JogjakartaSementara itu, ibunya, Rose Marie Kartodirdjo, adalah perempuan asli FilipinaSuatu ketika pada 2005, Lala menjenguk neneknya yang tinggal di Filipina"Di sana ceritanya saya bertemu dengan talent manager yang mengajak untuk menyanyi di kafeSebenarnya, jatuhnya hanya nge-jam sihYa, sudah saya menyanyi di sanaIseng sajaSebab, saya memang suka musik sejak kecil," katanya saat ditemui pada Kamis (23/12) di Puri Indah Mall, Jakarta Barat.

Ternyata, di kafe tersebut ada orang-orang dari major labelMelihat penampilan lulusan D-3 sastra Inggris Universitas Indonesia itu, mereka tertarik"Saya ditawari untuk membuat album di sanaItu benar-benar "kecelakaan" buat sayaTidak terduga sama sekali," lanjutnya yang hari itu tampil kasual dengan celana pendek, kaus ketat, dan sepatu kanvas.

Merasa tawaran itu terlalu tiba-tiba, sementara dirinya masih punya banyak hal yang harus diselesaikan di Indonesia, Lala tidak terlalu serius menanggapi"Saya lalu balik ke JakartaMasih ada sinetron yang harus saya selesaikanBelum lagi kerjaan musik dan kuliah tentunyaSaya harus menyelesaikan kuliah saya," jelasnya.

Pada 2006, setelah menyelesaikan kuliah, penyuka sambal itu pun memutuskan pindah ke Filipina, negara asal mamanyaPihak major label dari Filipina ternyata masih menunggu Lala"Saya pikir tidak akan mendapatkan kesempatan itu lagi karena sudah satu tahun kan sejak kami bertemu di Filipina waktu ituTernyata, mereka nungguin sayaMereka menelepon lagiAlhamdulillah banget itu," lanjutnya.

Menurut Lala, itu adalah pengalaman pertama tinggal di negara orang dalam waktu yang lamaTerutama di FilipinaEnam bulan pertama dihabiskan untuk belajar beradaptasi, termasuk belajar bahasa Tagalog"Meski Mama saya orang Filipina, tetapi dia tidak pernah bicara dengan bahasa Tagalog kalau sama sayaMaka, saya harus belajar dari awalTapi seru sih, benar-benar pengalaman yang luar biasa tinggal di sana," terang perempuan yang juga pintar bermain gitar itu.

Setelah sibuk mengurus karir di Filipina, pada akhir 2008, dia mendapatkan kesempatan manggung di IndonesiaSaat itulah, dia sadar ingin berkarya di negara sendiri"Tersadar saja, rasanya ingin berkarya di IndonesiaMembagi musik saya di siniSaya kan lahir dan besar di IndonesiaIni negara saya," ungkapnya.

Tadinya setelah manggung di Indonesia, Lala harus kembali ke Filipina dan meneruskan proyek selanjutnya, yaitu membuat album keduaDia memang akhirnya ke Filipina, tetapi di sana dia melakukan diskusi dengan pihak labelLala mengungkapkan keinginan berkarya di Indonesia.

"Alhamdulillah sekali, mereka sangat mendukungMalah mereka bilang, industri musik di Indonesia memang sedang berkembangWaktunya tepat buat sayaYa sudah, akhirnya rencana yang disiapkan sebelumnya dirombak totalSaya kembali ke Indonesia," terangnya.

Saat pulang ke Indonesia, karirnya tak lantas bisa langsung dilanjutkanLala harus menunggu beberapa waktu sambil melihat opsi yang adaSampai akhirnya, dia bergabung dengan Sony Music IndonesiaKemunculan pertamanya adalah menyanyikan lagu Semangat Baru bersama Ello dan Ipang untuk jingle sebuah produk minumanLala mengatakan, di sini dirinya harus benar-benar memulai segalanya dari awal.

"IyaSaya merasakan ituAwalnya, memang ada rasa takutSiapa yang kenal Lala di sini? Cuma ya, itu tantangannyaMeski kondisinya mungkin tidak sehoki saat di Filipina, ini negara saya sendiriSaya akan menjalani proses ini demi tanah air tercinta," katanya mantap(jan/c6/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KD Ingin Segera Resmi dengan Raul


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler