Laleilmanino, Diskoria, dan Cecil Yang Rilis 'Djakarta' untuk Ulang Tahun Jakarta

Jumat, 21 Juni 2024 – 19:45 WIB
Laleilmanino, Diskoria, dan Cecil Yang. Foto: Dok. Floor Inc/SMEI

jpnn.com, JAKARTA - Kolektif Laleilmanino meluncurkan single yang berjudul Djakarta dalam rangka merayakan ulang tahun Jakarta ke-497 pada 22 Juni 2024.

Dalam lagu yang mengambil tema kehidupan warga Jakarta ini, Laleilmanino menggandeng beberapa musisi untuk berkolaborasi seperti duo komposer Diskoria, rapper Cecil Yang, dan pegiat musik tradisional Yusuf Oeblet.

BACA JUGA: Barasuara Berserah Diri Lewat Album Jalaran Sadrah

Beragam genre musisi yang berkolaborasi merupakan upaya eksperimen Laleilmanino memadukan berbagai warna musik sesuai dengan corak manusia Jakarta yang berbeda-beda.

Single Djakarta dirilis di bawah bendera Floor Inc., salah satu sub-label dari Sony Music Entertainment Indonesia yang memang fokus untuk rilisan musik EDM dan hip-hop.

Nino mengungkapkan bahwa lirik di lagu Djakarta banyak terinspirasi dari perjalanan personalnya bersama sang ayah dan pengalaman tumbuh kembang di Jakarta.

BACA JUGA: Coldplay Produksi Album Baru Dari Bahan Limbah

"Lagu ini banyak mengambil kisah ayah yang merantau dari Kebumen ke Jakarta. Sebagai perantau, Ayah sering kangen kampung halaman dan pulang naik kereta," kata Nino, Jumat (21/6).

Dari sana, Laleilmanino banyak menceritakan kisah perpisahan dan perjumpaan di Stasiun Jatinegara lewat lagu Djakarta.

Nino menambahkan bahwa inspirasi cerita ayahnya sebagai perantau yang dituangkan dalam lirik akan membuat lagu ini tidak hanya bisa dinikmati oleh orang yang lahir dan tumbuh di Jakarta saja.

BACA JUGA: Bernadya Ungkap Cerita di Balik Lagu Kini Mereka Tahu

Menurutnya, Djakarta juga bisa dinikmati oleh para perantau, bahkan warga dari daerah lainnya karena lagu ini memotret suasana Jakarta yang begitu kompleks.

Tidak hanya itu, Laleilmanino juga menyoroti kebahagiaan warga Jakarta yang tidak melulu diukur melalui materi.

Nino yang menggawangi departemen lirik mengatakan bahwa lirik-lirik seperti 'senang bukan cuma harta' atau 'hidup tak berdasi selalu bawa tawa' adalah pengamatan saat berinteraksi dengan warga dari beragam kelas sosial.

Kehidupan Jakarta pun tidak hanya diterjemahkan secara naratif oleh Laleilmanino.

Dalam Djakarta, trio Lale, Ilman, dan Nino juga menarasikan Jakarta dengan memberi sentuhan musik tradisional Betawi.

Menggandeng Yusuf Oeblet, seorang pegiat musik tradisional yang juga guru musik Nino di masa berseragam putih abu-abu.

Oeblet menggunakan alat musik gesek tradisional Betawi bernama Tehyan untuk mengisi beberapa bagian lagu.

"Lagu Djakarta ini juga ingin kami jadikan sebagai ruang dan gelanggang bagi musik tradisional tampil menarasikan Jakarta. Maka, kami mengajak Pak Oeblet yang punya rekam jejak panjang di dunia musik tradisi untuk berkolaborasi di lagu ini," beber Nino.

Tidak hanya musik tradisional, kehadiran rapper muda Cecil Yang pun memberi sentuhan urban yang kental melalui warna hip-hop dalam lagu Djakarta.

Interaksi antara yang tradisional dan urban di single ini menjadi gambaran corak kehidupan Jakarta yang mentereng dengan kawasan urban, tetapi juga dipenuhi kampung kota bersahaja.

Cecil merupakan seorang rapper muda yang telah merilis beberapa lagu sebelumnya dan baru saja bergabung dengan Sony Music Entertainment Indonesia.

Momen peluncuran single Djakarta juga menjadi sejarah karena inilah pertama kalinya Jakarta merayakan ulang tahun dengan status barunya sebagai Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

Setelah 60 tahun menyandang status Daerah Khusus Ibukota (DKI) melalui Undang-undang nomor 10 tahun 1964, di tahun ini Jakarta melepaskan status khususnya tersebut.

"Laleilmanino merilis lagu Djakarta di tahun ini sebagai kado sekaligus arsip memori Jakarta yang selama puluhan tahun telah menjadi Daerah Khusus Ibukota. Jakarta adalah rumah bagi jutaan orang selama menjadi ibu kota. Single Djakarta adalah kado kami bagi kota dan warga Jakarta," tutup Nino. 

(ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler