Langsing dengan Bela Diri

Jumat, 17 Februari 2012 – 11:30 WIB
Dira Sugandi saat hadir dalam acara konferensi pers Java Jazz 2012 di Hotel Sultan, Jakarta, kemarin (16/2). FOTO:Angger Bondan/Jawa Pos

JAKARTA - Sosok Dira Sugandi dikenal sebagai penyanyi bertubuh besar. Namun, kini ada perubahan signifikan dalam diri penyanyi jazz tersebut. Dira terlihat lebih langsing. Rahasianya bukan diet ketat atau semacamnya. Dia sedang asyik berolahraga krav maga yang berasal dari Israel.

"Iya, aku ikut bela diri krav maga. Buat jaga tubuh dan pingin kayak Lara Croft. Ya, kayak secret agent gitu deh," ujar Dira saat ditemui di Qi Lounge kemarin (16/2). Awalnya, dia sekadar diajak melihat oleh teman-teman prianya. Karena tertarik, dia pun bergabung. Namun, pada hari pertama berlatih, bibirnya sudah sobek. "Ternyata waktu itu aku dipasangin sama cewek yang champion (juara) jujitsu," ujarnya.

Bukannya kapok, penyanyi hitam manis itu malah tertantang. Tidak terasa sudah sebulan Dira mengikuti krav maga. Padahal, latihan fisik bela diri tersebut hampir menyerupai latihan militer. Rutin berlatih seminggu tiga kali, Dira pun sudah naik tingkat ke intermediate.

Menurut pemilik nama lengkap Dira Yulianti Sugandi itu, bela diri krav maga memiliki banyak manfaat. Tidak sekadar badan menjadi langsing, bela diri tersebut juga melatih stamina. "Kalau tadinya gampang capek, sekarang lebih fit dan napas lebih panjang," jelasnya.

Dira juga ingin berpesan kepada semua perempuan agar melatih diri dengan olahraga-olahraga semacam itu. Sebab, kata dia, akhir-akhir ini perempuan kerap dijadikan sasaran orang yang berniat buruk. "Penting untuk melatih bela diri, apalagi sekarang perempuan sering jadi objek orang jahat. Aku ngerasain banget manfaatnya. Aku lebih pede kalau nyetir sendiri sekarang," tegasnya.

Soal penampilan dalam ajang Djarum Super Mild Java Jazz 2012 pada Maret nanti, Dira menjanjikan penampilan berbeda. "Ini kali pertama nyanyi dengan orkestra. Aku pilih sendiri arranger-nya, conductor-nya. Pokoknya, personelnya lebih dari 30 orang," jelasnya.

Soal konsep, Dira menuturkan, diriny akan mengusung tema tribute to lady jazz. Dengan demikian, Dira akan membawakan lagu-lagu para penyanyi jazz perempuan yang legendaris. "Jadi, aku nanti ngebawain lagu-lagu penyanyi jazz perempuan kayak yang baru aja meninggal Etta James, dan yang lain-lainlah," imbuh istri Elfa Zulham itu.

Selain Java Jazz, Dira tengah mempersiapkan album kedua. Sebab, sudah empat tahun dia tidak merilis album. Dalam album terbarunya tersebut, Dira mengaku sudah memiliki gambaran. Dia juga mengungkapkan keinginannya untuk menggandeng rapper. "Udah persiapan album kedua. Pasti ada kolaborasi juga. Pinginnya sama rapper karena I love hip hop musik. Tapi, belum tahu sama siapa," katanya. (ken/c2/any)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Be3 Berburu Sponsor Konser


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler