Lapangan Golf Kemayoran Diubah menjadi Hutan Kota, Begini Reaksi PDIP

Minggu, 21 Maret 2021 – 15:55 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono melakukan penanaman pohon di kawasan Waduk Rawa Lindung, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Minggu (21/3). Penanaman pohon itu juga dihadiri MenPAN dan RB Tjahjo Kumolo, serta para kader PDIP. Foto: Istimewa for JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan dukungan kepada pemerintah yang akan mengubah lapangan golf di Kemayoran, Jakarta Pusat, menjadi hutan kota.

Menurut Hasto, berdasar informasi dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, rencana mengubah lapangan golf menjadi hutan kota agar warga DKI Jakarta bisa menikmati ruang publik yang sehat.

BACA JUGA: Mensesneg Sebut Lapangan Golf Kemayoran Akan Berganti Taman Kota

"Sehingga masyarakat DKI Jakarta akan memiliki ruang pertemuan dalam sebuah ruang publik," kata Hasto di sela-sela penanaman pohon yang digelar DPP PDIP di kawasan Waduk Rawa Lindung, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Minggu (21/3).

Hasto mengatakan pihaknya mendukung gerakan pemerintah yang membangun ruang publik dengan suasana nyaman, serta oksigen yang bersih. Terlebih lagi, kata dia, bila kemudian hutan kota itu menghasilkan tanaman berkualitas yang bisa dimakan.

BACA JUGA: Demi Rakyat, Korea Selatan Ubah Lapangan Golf Jadi Perumahan

“Maka dari itu, gerakan membersihkan lingkungan harus menjadi sikap hidup masyarakat,” ungkapnya.

Hasto menjelaskan sekarang ini langit di Jakarta terpantau sudah biru, akibat pengurangan mobilitas kendaraan di masa pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Air Waduk Rawa Lindung Tercemar Limbah, Aksi PDIP Tebar Benih Ikan Dipindah

Menurutnya, bila kondisi ini ditambah dengan gerakan penghijauan dan menjaga lingkungan, maka langit yang bersih itu akan makin nyata.

“Ini sebenarnya bisa menjadi gerakan yang menghasilkan oksigen. Maka, mari gelorakan menanam, mencintai lingkungan, hidup bersih, terlebih lagi karena Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia raya,” ungkapnya.

Dia menambahkan bila lingkungan bisa dirawat dengan baik, tidak membuang limbah sembarangan seperti yang terjadi di Waduk Rawa Lindung, maka akan mendatangkan kesehatan bagi masyarakat.

“Artinya, itu juga menjadi jalan sehat jasmani dan rohani. Kami meyakini lingkungan bersih akan mampu meningkatkan taraf kesejahteraan warga, ketenangan batin, karena adanya ruang publik,” katanya.

Sebelumnya, Mensesneg Pratikno mengapresiasi gerakan penghijauan yang dilakukan PDIP. Menurutnya, gerakan ini sejalan rencana pemerintah pusat dalam hal ini Kemensetneg yang pengin menjadikan lahan milik negara menjadi ruang terbuka hijau.

"Kami menyampaikan terima kasih atas partisipasinya untuk penanaman pohon ini. Karena ini benar benar sesuai dengan semangat kami di Kementerian Sekretariat Negara yang mengelola dua Badan Layanan Usaha, yaitu GBK dan Kemayoran," kata Pratikno usai mengikuti kegiatan penanaman pohon bersama pengurus PDIP di hutan kota, Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (21/3).

Menurut Pratikno, dulu lahan hutan kota GBK berfungsi sebagai lapangan golf dengan luas 4,5 hektare. Pihaknya berencana akan melakukan hal yang sama di kawasan Kemayoran.

"Kemayoran itu ada lapangan golf, seluas 18 hektare. Sekali lagi, tentu saja lapangan golf eksklusif. Tidak bisa masyarakat masuk, 18 hektare, persis di jalan utama itu. Kontraknya habis dan kami putuskan untuk tidak diperpanjang," kata dia.

Pratikno menjelaskan, perubahan fungsi dari lapangan golf di Kemayoran menjadi ruang terbuka ditujukan untuk pusat kegiatan masyarakat, khususnya warga ibu kota. Selain ruang terbuka hijau, pihaknya juga tengah mendesain jalur sepeda di area Kemayoran. (boy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler