Latihan Intensif, Pemain Masih Tegang

Kamis, 07 Juni 2012 – 23:28 WIB
Polandia saat melakukan latihan Stadion Nasional Warsawa sebelum menjalani laga pembuka UEFA EURO 2012 melawan Yunani, Jumat (8/6). Foto: eufa.com

WARSAWA – Intensitas latihan timnas Polandia sudah kembali normal. Sempat hanya berlatih hanya sekali dalam sehari setelah pertandingan uji coba melawan Andorra (2/5), mereka kini sudah kembali berlatih dua kali sehari. Mereka mempersiapkan diri untuk pertandingan pembuka melawan Yunani di Stadion Nasional Warsawa, besok.
       
Pemusatan latihan timnas Polandia dipusatkan di Stadion Polonia, yang merupakan markas klub lokal Polonia Warsawa. Mulai Selasa (5/6), tim asuhan Franciszek Smuda itu berlatih dua kali sehari pada pukul 11.00 waktu setempat atau pukul 16.00 WIB dan pada pukul 17.00 waktu setempat atau pukul 22.00 WIB.
       
Latihan pertama terbuka untuk media selama 15 menit pertama. Sedangkan, latihan kedua yang dilakukan sore hari tertutup. Beberapa fans Polandia ada yang berniat ikut menyaksikan latihan, tapi buru-buru dihalau oleh petugas keamanan. ”Kami ingin konsentrasi para pemain terjaga,” kata Josef Piechnicek, petugas di Stadion Polonia, kepada Jawa Pos.
       
Memang tidak sembarang orang bisa masuk ke lokasi latihan, hanya mereka yang memiliki akreditasi khusus dari UEFA yang dibolehkan. Bahkan, ketika Jawa Pos hendak masuk, kami sempat diperiksa akreditasinya. Selama masa persiapan jelang Euro 2012, latihan Polandia tertutup untuk umum.
       
Pada Euro 2012, Jawa Pos (Induk JPNN) mendapatkan dua akreditasi untuk satu reporter dan satu fotografer, sehingga memiliki akses untuk menyaksikan dari dekat latihan kontestan Euro 2012, kalau memang dibuka untuk media. Biasanya, hanya 15 meni pertama ketika pemanasan dan latihan ringan.
       
Begitu akan memulai latihan lebih serius, petugas di Stadion Polonia akan meminta para jurnalis yang hadir di tribun, untuk keluar. Bila latihan tertutup, maka para jurnalis hanya bisa mengakses kedatangan rombongan pemain di pintu masuk menuju stadion.
       
Meski latihan tertutup, terkadang para pemain atau pelatih bersedia untuk sekadar menyapa dan memberikan komentar singkat saat di pintu masuk menuju stadion. Pada Selasa sore (5/6), sang pelatih Smuda hanya sekadar menyapa. Setelah itu masuk ke stadion menyusul pasukan Polandia.
       
Berdasarkan pantauan Jawa Pos dari luar stadion, semua pemain berada dalam kondisi oke untuk latihan. Kiper utama Polandia Wojciech Szcesny yang paling depan saat turun dari bus dan langsung menuju ke lokasi latihan, sedangkan kapten Jakub ”Kuba” Blaszczykoswki sempat bercengkerama dengan beberapa petugas di stadion.
       
Dari pintu akses masuk khusus jurnalis, bisa terlihat lapangan latihan, meski tidak seluruh lapangan. Para pemain memulai latihan dengan pemanasan dan disusul dengan permainan berkelompok. Wajah para pemain sedikit tegang. ”Saat ini saya hanya bisa tegaskan kalau kami sudah menyiapkan latihan dengan baik,” kata Smuda.
       
Sebagai kontestan Euro 2012 dengan ranking FIFA terendah, yakni pada peringkat ke-65, harusnya mereka bisa rileks karena berstatus underdog. Masalahnya, kali ini mereka bertanding di hadapan pendukung sendiri. Sehingga, mereka tidak ingin hanya numpang lewat.
       
Apalagi, mereka berada di grup A yang persaingannya cukup merata. Mereka harus bertarung dengan Yunani yang berada pada peringkat 14 FIFA, Rusia pada peringkat ke-11, dan Republik Ceko pada peringkat ke-26. Partai pembuka, mereka akan meladeni Yunani. (ham)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Dihelat di Atap Tertutup


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler