Layanan Birokrat Harus Puaskan Masyarakat

Jumat, 25 Mei 2012 – 20:20 WIB

JAKARTA - Pemerintah daerah diminta meningkatkan kinerja aparaturnya khususnya di bidang dan layanan publik. Ini terkait dengan tuntutan masyarakat agar aparatur negara memberikan layanan prima.

"Sebagai aparatur negara, kita dituntut memberikan service maksimal untuk masyarakat. Agar layanan maksimal, perlu disamakan dulu pemahaman kita tentang layanan publik," kata Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno di Jakarta, Jumat (25/5).

Selain itu, penerapan peraturan kepegawaian menjadi hal penting yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Dengan cara ini, Eko optimis, indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan publik akan meningkat.

"Peraturan kepegawaian misalnya tentang disiplin PNS harus benar-benar diterapkan. Jangan hanya sekadar formalitas saja. Kalau penegakan disiplin PNS oke, kritik masyarakat akan kinerja pegawai akan berkurang," terangnya.

Terkait permasalahan kepegawaian yang sering terjadi baik di instansi pusat maupun daerah, Eko mengatakan bahwa hal itu perlu diselesaikan dengan baik dan tuntas. Untuk itu, koordinasi dan kerjasama BKN dengan berbagai para pemangku kepentingan harus dapat ditingkatkan.

"Koordinasi BKN dan instansi terkait mesti ditingkatkan agar penyelesaian status dan kedudukan kepegawaian lebih cepat," tandasnya.(Esy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Belum Ada Alih Generasi Pemimpin Nasional di 2014


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler