Layani Pemudik, Astra Kerahkan 930 Tenaga Andal

Rabu, 15 Agustus 2012 – 05:50 WIB

JAKARTA - Grup otomotif Astra  mulai melayani pemudik di sepanjang jalur mudik di Pulau Jawa hingga Bali, Selasa (14/8). Layanan mudik bertajuk Astra Holiday Campaign (AHC) 2012 ini digelar hingga 21 Agustus mendatang.
     
Tahun ini, AHC mengusung tema "Dari Ujung Ke Ujung Astra Menemani Mudik Anda". Tema ini tetap dipertahankan karena mewakili layanan AHC 2012 yang tersedia di Jawa hingga Bali.

"Melalui layanan mudik ini, kami berusaha membantu pelanggan agar perjalanan mudik Lebaran mereka tetap aman dan nyaman hingga tiba di kampung halaman," ujar Deputi Direktur PT Astra International Tbk Suparno Djasmin dalam sambutannya pada acara pelepasan tim mudik Astra di Kantor Astra International Tbk, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (14/8). Hadir pada acara itu jajaran direksi PT AI Tbk dan agen pemegang merek di bawah naungan PT AI Tbk.
     
Suparno mengatakan, program itu sejalan dengan filosofi Catur Darma yang selama ini dipegang Astra yakni menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Termasuk memberi pelayanan terbaik kepada pelanggan.
    
Dijelaskan, pada tahun-tahun sebelumnya layanan itu didukung grup otomotif Astra kategori roda empat seperti Toyota, Daihatsu, Isuzu, Peugeot, UD Trucks, AstraWorld, Garda Oto, dan Astra Credit Companies. Tahun ini sinergi semakin lengkap dengan keterlibatan segmen roda dua yakni Astra Honda Motor (AHM). Bergabungnya AHM menjadikan layanan AHC 2012 makin menyeluruh. Sinergi yang kian solid ini diharapkan akan memberikan pelayanan yang lebih baik sehingga dapat membantu kelancaran perjalanan mudik.

Selain itu, tahun ini program AHC juga diramaikan dengan hadirnya BMW. "Sebab, sudah banyak juga pemudik yang menggunakan sedan dan SUV BMW," kata dia.

Suparno melanjutkan, tahun ini Astra mengerahkan 930 tenaga untuk program mudik tersebut. Dari jumlah itu, 600 orang adalah mekanik andal khusus mobil dan 330 mekanik sepeda motor Honda. Mereka disiapkan di bengkel siaga, pos siaga, hingga layanan mobile."

Dari tahun ke tahun Astra selalu berupaya meningkatkan pelayanan dan fasilitas yang disediakan dalam program AHC. Tahun ini Astra menambah satu pos siaga yang berlokasi di Tol Palikanci, Cirebon. Penambahan pos siaga ini berdasarkan hasil pemantauan tahun-tahun sebelumnya, jalur Palikanci Cirebon merupakan jalur pantura yang banyak dilalui pemudik. Dengan adanya penambahan pos siaga tentu saja Astra berharap para pemudik akan merasa semakin aman dan nyaman.

Dengan tambahan Pos Siaga itu, maka total Pos Siaga yang dibuka Astra sebanyak sembilan pos. Seluruh Pos Siaga itu beroperasi 24 jam dari 15-21 Agustus 2012. Pemudik yang mengendarai kendaraan roda empat dapat melakukan layanan perbaikan ringan di Pos Siaga Astra.

Direktur PT AI Tbk yang juga Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman MR mengatakan, tradisi mudik tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi juga terjadi di beberapa negara seperti Tiobgkok dan Jepang. Mudik massal dengan transportasi darat menjadi pilihan favorit. Kemacetan dipastikan akan terjadi.

Tetapi persoalan terbesar ada kualitas infrastruktur jalan. Jika di negara-negara lain persoalan itu cepat diatasi, tetapi di Indonesia hal itu selalu menjadi masalah. "Padahal, mudik Lebaran selalu bisa diprediksi kapan waktunya. Tetapi selalu saja perbaikan infrastruktur tidak maksimal saat masa mudik terjadi. Semestinya bisa dihitung kapan perbaikan harus dilakukan dan kapan selesai," ujarnya.

Begitu juga dengan penambahan luas jalan untuk mengurangi kemacetan. Di sejumlah negara penambahan ruas jalan baru bisa cepat dilaksanakan karena pemerintahnya turun tangan. Sedangkan di Indonesia hal itu sulit dilakukan karena terkendala pembebasan lahan. Pemerintah tidak merespons akibatnya banyak investor enggan berinvestasi di infrastruktur jalan karena sulitnya masalah pembebasan lahan.

Pada kesempatan itu, Presiden Direktur AHM Johannes Loman menjelaskan, bagi pemudik yang mengendarai motor, AHM bersama main dealer Honda menemani para pemudik selama periode mudik dan balik Lebaran melalui Bale Santai Honda (BSH). BSH merupakan posko istirahat bagi pemudik sepeda motor beroperasi selama periode 16-23 Agustus 2012 dari Lampung hingga Bali.

BSH didirikan di 23 lokasi yang terdiri dari 18 Posko 24 jam nonstop dan 5 Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Siaga 16 jam dengan waktu operasi pukul 07.00-23.00 setiap hari. Di setiap Posko dan AHASS Siaga, AHM dan jaringan main dealer di sepanjang lokasi BSH menyediakan beragam layanan bagi para pemudik sepeda motor.

Melengkapi kehadiran Pos Siaga Astra dan Bale Santai Honda di sepanjang jalur mudik, Astra menyiagakan tak kurang dari 62 bengkel dan 33 AHASS "yang akan tetap buka selama libur Lebaran, sesuai jam kerja masing-masing. "Bengkel-bengkel ini terus beroperasi selama Idul Fitri untuk memberikan pelayanan kepada pada para pelanggan," ujarnya.

Loman menambahkan, pihaknya juga kembali menggelar layanan mudik bareng untuk yang ketujuh kalinya. Pada 12 Agustus lalu pihaknya sudah memberangkatkan 1.200 unit sepeda motor Honda milik pemudik yang diangkut 24 truk. Sedangkan untuk pengendara dan penumpangnya, pihaknya memberangkatkan mereka dengan 58 bus penumpang dari Jabotabek ke sejumlah kota di Jawa.

Sementara itu Suparno melanjutkan, Astra siap membantu para pemudik yang mengalami situasi darurat di perjalanan dan membutuhkan bantuan segera di lokasi. Tahun ini Astra menyiapkan 33 unit Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld, 27 unit Garda Siaga, dan 21 mobil servis untuk membantu pemudik yang mengendarai mobil. Untuk pemudik yang mengendarai motor, 40 unit sepeda motor Honda CARE (Customer Assistance and Road Emergency) siap memberikan bantuan.

Para pemudik yang membutuhkan bantuan selama perjalanan mudik dapat menghubungi salah satu contact center Astra. Pemudik yang mengendarai mobil, silakan menghubungi CALL AstraWorld di 500 898 atau tambahkan kode area ke 500 898 jika menggunakan ponsel, Garda Akses CALL 75 900 dari ponsel atau (021) 75 900 900. Sementara pemudik yang menggunakan motor dipersilakan menghubungi Call Center Astra Honda Motor di nomor 500 989.

Contact center Astra siap melayani selama 24 jam, bahkan di hari libur Idul Fitri. "Akses tiga nomor tersebut mendapat dukungan penuh dari Indosat," ucapnya. (gen)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BNI Incar Co-Branding Chelsea Untuk Dongkrak DPK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler