Lebih Praktis, Ini Panduan Cara Cek Tagihan Listrik Online via App dan Web

Rabu, 16 Oktober 2019 – 12:51 WIB
Ilustrasi membayar tagihan listrik lewat online. Foto : Pexels.com

jpnn.com - DI era teknologi internet ini, bayar listrik menjadi lebih praktis. Anda tidak perlu pergi ke luar rumah hanya untuk membayar listrik melalui agen, ATM, ataupun mencari penjual voucher listrik isi ulang agar listrik di rumah tetap menyala.

Dengan perkembangan teknologi proses bayar listrik juga terus ditingkatkan. Kini cek tagihan listrik, bayar listrik PLN, dan isi token bisa Anda lakukan melalui aplikasi di smartphone dalamhitungan detik dengan aplikasi Traveloka.

BACA JUGA: Akhirnya, Jaringan Listrik di Wamena Pulih Seluruhnya

Panduan cek dan bayar tagihan listrik PLN online

Melalui aplikasi dan website di PLN Traveloka, Anda bisa melakukan cek tagihan hingga sekaligus membayar tagihan sebelum jatuh tempo. Cek panduannya berikut ini:

1.Buka situs web Traveloka melalui versi desktop (opsi 2: buka Aplikasi Traveloka)

2. Daftar dan login akun Traveloka Anda

3. Pilih Menu “Bills & Top Up” atau “Tagihan dan Isi Ulang”

4. Masukan nomor meteran atau nomor pelanggan

5. Tunggu hingga website atau aplikasi menampilkan detail data pelanggan

6. Tekan “Continue” atau “Lanjutkan” untuk proses pembayaran

7. Pilih metode pembayaran yang sesuai dan selesaikan pembayaran

8. Tunggu hingga notifikasi pembayaran listrik sukses dilakukan

Mengapa cek tagihan listrik via Traveloka

Salah satu kelebihan penting bayar listrik di Traveloka adalah, Anda bisa cek riwayat pembayaran hingga reminder otomatis yang Anda dapatkan ketika jatuh tempo.

Riwayat transaksi sangat penting untuk membantu Anda melacak pengeluaran setiap bulan hingga melakukan perbandingan ketika pembayaran tiba-tiba naik signifikan pada bulan berikutnya.

Reminder yang Anda dapatkan juga sangat membantu agar tidak telat membayar dan menghindari denda keterlambatan.

Bagaimana jika harus refund dan terjadi pembatalan?

Sayangnya untuk saat ini Traveloka belum memiliki fitur refund atas pembatalan transaksi sehingga perlu diperhatikan bahwa tagihan yang dilakukan benar untuk nomor pelanggan Anda.

Penting untuk melakukan cek berlanjut sebelum menyelesaikan pembayaran tagihan.

Tentang keamanan transaksi di Traveloka

Traveloka sudah berdiri sejak 2012 yang artinya tahun 2019 ini, Traveloka sudah lebih dari 7 tahun bekerja dan berkembang mengikuti teknologi terbaru hingga beradaptasi dengan kebutuhan penggunanya dalam upaya memberikan pelayanan yang lebih baik.

Termasuk juga soal keamanan sistem. Tidak tanggung-tanggung, dalam hal keamanan, Traveloka memiliki lima opsi pelindung enkripsi data terkemuka untuk mengamankan setiap transaksi yang terjadi di aplikasi, website versi desktop maupun mobile.

Perusahaan telah berkomitmen untuk sangat serius dalam menjaga dan menghormati privasi setiap penggunanya. Jika terjadi masalah yang masih terjadi di luar kendali Traveloka, perusahaan juga telah menyediakan layanan pelanggan 24 jam yang bisa digunakan ketika dibutuhkan.

Dalam hal ini  Traveloka menghormati privasi Anda dan tidak akan membagikan data Anda dengan pihak ketiga mana pun. (jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler