Leg Kedua Final Piala Indonesia Ditunda, Jadwal PSM Makin Sibuk

Selasa, 30 Juli 2019 – 21:28 WIB
Para pemain PSM Makassar sedang berlatih. Foto: PSM Makassar

jpnn.com, MAKASSAR - PSM Makassar salah satu tim yang paling sibuk pada pekan mendatang. Itu konsekuensi dari penundaan laga leg kedua final Piala Indonesia 2018-2019.

PSSI kemarin memang sudah memutuskan, bahwa laga tunda leg kedua final Piala Indonesia 2018-2019 yang mempertemukan PSM Makassar kontra Persija Jakarta akan digelar pada Selasa pekan depan (6/8). Venuenya tetap di Stadion Andi Mattalata, Makassar.

BACA JUGA: Cetak Brace ke Gawang PSS, Gavin Kwan Mulai Unjuk Gigi

BACA JUGA: Serang Petugas Pakai Pisau, Begal Sadis Tewas Ditembak

"Kami yakin panpel lokal PSM dapat menyelenggarakan laga sesuai dengan standar organisasi pertandingan yang telah ditetapkan," kata Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

BACA JUGA: PSM Makassar vs Persija Ditunda, PSSI: Jangan Salahkan Sistemnya

Dampak dari penundaan tersebut, laga PSM menjamu Persipura Jayapura di Liga 1 2019 harus ditunda. Sebab, jadwalnya berbarengan dengan final Piala Indonesia leg kedua (6/8). Artinya, mereka bakal menjalani musim yang sangat padat di Liga 1.

Total, ada lima laga tunda yang belum dilakoni PSM. Banyaknya laga yang tertunda itu, karena sebelumnya PSM harus berjuang di ajang AFC Cup 2019. Hal itu membuat PSM baru melakoni enam laga dari 11 pekan Liga 1. Mereka menjadi tim dengan jumlah laga paling sedikit di Liga 1. Konsekuensinya, Juku Eja-julukan PSM-akan menjadi tim paling sibuk usai final Piala Indonesia. 

BACA JUGA: Arema FC vs Persib Bandung: Jangan Sampai Menangis Meski Sedang Krisis

Bahkan, sore ini mereka dijadwalkan bertolak ke Bali. Juku Eja akan menghadapi Bali United di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar pada Kamis (1/8). Karena jadwal mepet, pelatih Darije Kalezic akan melakukan rotasi. Gelandang Wiljan Pluim bakal diistirahatkan.

"Kondisinya sudah bagus. Tapi dia kami persiapkan untuk lawan Persija. Istirahat akan bagus buat dia (Pluim)," kata pelatih asal Swiss itu. 

Dia tak menampik penundaan jadwal cukup mengganggu persiapan timnya. Tapi, dia meminta anak asuhnya untuk fokus ke Liga 1 dulu. "Anak-anak sudah siap untuk mengahadapi Bali United," timpalnya.

Tak hanya PSM. Persija pun juga bakal menghadapi jadwal super sibuk selepas final kedua Piala Indonesia. Maklum, Persija baru melakoni tujuh laga di Liga 1 2019. Bahkan, setelah meninggalkan Makassar, tim berjuluk Macan Kemayoran itu langsung fokus menjamu Arema FC pada Sabtu mendatang (3/8).

BACA JUGA: Kunjungi Diklat, Menpora Beri Semangat kepada Paskibraka Nasional

Meski sempat diteror, kubu Persija tetap siap menyongsong laga tunda leg kedua final Piala Indonesia. Pelatih Persija Julio Banueloz meminta anak asuhnya melupakan kejadian yang telah lalu.

"Kami tidak ingin membahas (kerusuhan) itu lagi. Fokus saya adalah mempersiapkan tim," kata pelatih asal Spanyol itu.

Di sisi lain, manajemen Juku Eja meminta suporter bersikap lebih dewasa. Hal itu disampaikan CEO PSM Munafri Arifuddin. "Apalagi keputusan baru itu sesuai permintaan kami, yakni leg kedua yang tertunda harus tetap berlangsung di Makassar," terangnya. (gus/bas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persela 2 vs 2 Borneo FC: Drama Laga 120 Menit dan Tandukan Bodoh


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler