Lengser, Foke Terbang ke Jerman

Selasa, 16 Oktober 2012 – 06:16 WIB
JAKARTA--Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, nampaknya tak ingin duduk diam di rumah dan meratapi kekalahanya dari Jokowi. Foke, begitu ia biasa dipanggil langsung terbang ke Belin, Jerman, untuk menghadiri sekaligus memberi kuliah umum di Forum Ibukota Asean dan Uni Eropa.

"Saya akan memberikan kuliah umum di Forum Ibukota Asean dan Uni Eropa, menjadi sangat penting karena sebagai ajang pertukaran informasi dan pengetahuan bagi pemimpin Ibukota di Asean dan Uni Eropa," kata Foke, usai menyerahkan jabatannya secara resmi sebagai Gubernur DKI Jakarta, kepada Jokowi, Senin (15/10).

Foke melanjutkan, forum ini sudah dibentuk dua tahun lalu yang bertujuan sebagai ajang silaturahmi antar pemerintah Ibu Kota se-Asean dan Uni Eropa. Untuk kali ini, Fauzi Bowo akan membahas permasalahan yang dihadapi Ibu Kota serta saling bertukar pengalaman selama menjabat sebagai gubernur di kota Jakarta. "Sebetulnya sudah dijadwalkan awal Bulan Oktober 2012, kebetulan saja keberangkatannya pas dengan pelantikan Gubernur Jokowi," tandasnya.

Rencananya, dia akan berada di Jerman selama seminggu, selain ke Berlin, Fauzi juga akan berkunjung ke Stuttgart dan Koln. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi memuji sikap mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo dan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto beserta Gubernur terpilih Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama yang telah berhasil menjaga proses Pemilukada DKI 2012 dengan baik. Begitu juga setelah pesta demokrasi telah usai, pasangan yang kalah dapat menunjukan sikap rendah hati menerima hasil pemilukada DKI 2012.

“Bahkan setelah pesta berakhir, kedua pasang kandidat saling berangkulan dan saling memuji. Izinkan saya hari ini memuji dan menghargai sikap Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli yang dengan sangat elegan dan legawa mengucapkan selamat kepada pasangan Jokowi dan Basuki. Ini adalah sikap kenegawaranan yang patut ditiru dan diteladani,” tandasnya. (wok/rul/pes)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Berharap Jokowi Tak Berubah dan Tetap Amanah

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler