Lentera Bersinar Indonesia Hadirkan Rehabilitasi Narkoba dengan Fasilitas Terbaik

Senin, 24 Juni 2024 – 12:48 WIB
Banyak orang mulai dari muda hingga tua dengan kisaran usia produktif antara 15 hingga 65 tahun terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkotika. Foto: dok Lentera Bersinar Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Banyak orang mulai dari muda hingga tua dengan kisaran usia produktif antara 15 hingga 65 tahun terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkotika.

Angka penyalahgunaan narkotika di Indonesia sudah sangat memprihatinkan. 

BACA JUGA: Pemasok Narkoba kepada Virgoun Akhirnya Terungkap, Polisi Langsung Bergerak

Clinical supervisor Thomas Avitho da Lopez di Lentera Bersinar Indonesia mengatakan berdasarkan data dari Pusat penelitian data dan informasi Badan Narkotika Nasional (Puslitdatin) BNN pada 2021 lalu ada sekitar 4,8 juta orang Indonesia mengkonsumsi narkoba.

"Tentu saja hal seperti ini tidak bisa dibiarkan dan harus ditangani dari sisi hukum, sisi medis dan sisi psikis. Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan rehabilitasi narkoba dengan harapan ketergantungan tersebut bisa hilang," ungkap Thomas pada Senin (24/6).

BACA JUGA: Irish Bella Doakan Ammar Zoni Bisa Sembuh Setelah Rehabilitasi

Thomas mengatakan ada salah salah satu tempat terbaik rehabilitasi narkoba yang telah terbukti kualitasnya adalah Lentera Bersinar Indonesia yang berada di Perumahan Citra 3 Blok F1 No. 2, Jl. Palem Raja Utama, Pegadungan Kalideres Jakarta Barat.

Lentera Bersinar Indonesia berdiri semenjak 2023 di bawah Yayasan Lentera Bersinar Indonesia (YLBI) hadir untuk memperbaiki masalah narkoba yang ada di Indonesia dalam hal pengurangan jumlah pengguna.

“Kami hadir karena kepedulian kami terhadap masalah narkoba di tanah air. Dari sisi permintaan panti rehabilitasi juga terus meningkat setiap tahunnya. Namun, peningkatan jumlah tempat rehabilitasi ini tidak diikuti dengan peningkatan pembangunan fasilitas layanan rehabilitasi narkoba yang memadai," papar Thomas.

Thomas menyebut saat ini Lentera Bersinar Indonesia baru berada di Jakarta, tetapi Lentera juga melayani rehabilitasi narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya (NAPZA) untuk orang-orang dari luar Jakarta.

"Dari mana pun masyarakat berada, meski bukan dari Jakarta bisa mengikuti program rehabilitasi narkoba melalui Lentera Bersinar Indonesia. Lentera bahkan sudah bekerjasama dengan berbagai instansi terkait seperti Badan Narkoba Nasional (BNN), Kemensos, Kemenkes, Kemendikbud, Polri dan stakeholder lainnya dalam kegiatan rehabilitasi narkoba," jelas Thomas.

Yayasan Lentera Bersinar Indonesia hadir pada bidang rehabilitasi narkoba dengan segmen menengah ke atas atau premium. 

Selain kenyamanan fasilitas dan layanan yang diberikan, Lentera juga membuat perawatan yang sesuai dengan kebutuhan klien sehingga klien tidak merasakan tekanan saat menjalankan proses perawatan.

Saat menjalankan masa rehabilitasi, Lentera Bersinar Indonesia memiliki beberapa program yaitu rehabilitasi rawat inap, rehabilitasi rawat jalan dan pasca rehabilitasi. 

Rehabilitasi rawat inap adalah program rehabilitasi yang dilakukan di rumah sakit yang menjadi mitra resmi dari Lentera Bersinar Indonesia.

Thomas mengatakan untuk rehabilitasi medis, Lentera Bersinar Indonesia bekerja sama dengan Rumah Sakit Soeharto Heerdjan. 

Hal ini semata-mata hanya untuk memberikan pelayanan yang aman dan berstandar tinggi sehingga klien bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Layanan kedua adalah rehabilitasi rawat jalan yang merupakan program rehabilitasi di rumah saja tanpa harus datang ke rumah sakit. 

"Tidak semua pasien bisa mengikutinya karena ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi," katanya.

Layanan ketiga adalah pasca rehabilitasi dimana program ini berlangsung setelah pasien mengikuti program rehabilitasi utama, baik itu rawat inap maupun rawat jalan.

Program pasca rehabilitasi bertujuan untuk memastikan pasien tidak akan melakukan kesalahan untuk kedua atau kesekian kalinya. Semua program rehabilitasi narkoba dari Lentera Bersinar Indonesia melibat tim dokter terbaik.

Lentera Bersinar Indonesia Hadirkan Fasilitas Terbaik

Lentera memiliki layanan dan fasilitas yang sangat lengkap sehingga pasien tidak kesulitan untuk mendapatkan layanan yang dibutuhkan. 

Menurut Thomas, tidak hanya itu Lentera juga didukung dengan tenaga profesional sehingga program rehabilitasi bisa berjalan secara maksimal.

Lentera Bersinar Indonesia juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap seperti ruang kamar yang nyaman, dapur, ruang makan, mushola, ruang nonton, dan masih banyak lagi yang lainnya. (mcr10/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Narkotika   narkoba   rehabilitasi   BNN  

Terpopuler