Lepas Osvaldo Lessa, Persipura Tetap Bidik Pelatih Asing

Senin, 14 Januari 2019 – 20:36 WIB
Persipura Jayapura. Foto: Persipura

jpnn.com, JAYAPURA - Manajemen Persipura Jayapura memastikan tidak akan melanjutkan kerja sama dengan Osvaldo Lessa pada kompetisi Liga 1 2019.

“Sesuai dengan rapat evaluasi, akhirnya diputuskan untuk tidak lagi bersama Lessa. Kita ingin musim depan ada perubahan dan bisa kembali mendapatkan skema permainan yang diinginkan,” ungkap Asisten Manager Persipura Jayapura Bento Madubun kepada wartawan, Mingu (13/1).

BACA JUGA: OK John Resmi Pamit dari Persebaya Surabaya

Dengan dilepasnya Osvaldo Lessa, Persipura menurut Bento langsung bergerak cepat memburu pelatih yang akan menukangi tim Mutiara Hitam julukan Persipura Jayapura.

Untuk pelatih buruannya, Bento menyebutkan bahwa manajemen Persipura Jayapura tetap akan memakai pelatih asing untuk musim 2019.

BACA JUGA: Teja Paku Alam Resmi Pamit dari Sriwijaya FC

Bento menyebutkan, pelatih asing yang jadi incaran Persipura adalah pelatih yang pernah melatih klub Liga 1 Indonesia.

Selain itu, sosok pelatih yang diinginkan Persipura menurut Bento adalah pelatih yang memahami karakter Persipura. Saat dihubungi Cenderawasih Pos tadi malam, Bento menyebutkan, untuk calon pelatih Persipura sudah mengerucut pada dua nama.

BACA JUGA: Bek PS Tira Akui Ingin Bergabung dengan PSIS

Saat Cenderawasih Pos menyebutkan sejumlah nama pelatih asing yang saat ini belum memiliki klub seperti Robert Rene Albert (Belanda) yang kabarnya mengundurkan diri dari PSM Makassar dengan alasan kesehatan, Mario Gomez (Brasil) eks pelatih Persib Bandung, Stefano Cugarra Teco (Brasil) mantan Pelatih Persija Jakarta, Gomes de Oliviera (Brasil) eks Madura United dan Dejan Antonic (Serbia) eks pelatih Borneo FC, Bento masih enggan membocorkan dua pelatih asing yang diincar tersebut.

“Seputaran nama-nama itu. Tapi nanti biar Pak Ketua Umum yang menyampaikan ke publik,” ucap Bento.

Untuk kepastian siapa yang akan menukangi Persipura musim 2019, Bento menyebutkan manajemen masih menunggu kepastian besarnya nilai dukungan dari sponsor Persipura yaitu Bank Papua.

“Kalau dari Bank Papua sudah memastikan nilai dukungannya, maka kita sudah bisa memilih salah satu dari dua pelatih asing yang kita incar ini,” tuturnya.

Sebab untuk sponsor Persipura, Bento menyebutkan dari PT. Freeport Indonesia sudah fiks. Mengenai besarnya dana yang akan dikucurkan PT. Freeport Indonesia untuk Persipura, lagi-lagi Bento enggan menyebutkan.

“Biar nanti PT. Freeport Indonesia yang menyebutkan nilainya. Namun yang jelas, dengan Freeport sudah fiks dan mereka nanti akan memberikan kejutan lain,” tambahnya.

Selain memburu pelatih asing, Bento mengatakan, manajemen Persipura juga saat ini sedang melakukan komunikasi dengan pemain Papua yang bermain di luar Papua.

“Kita berterima kasih juga kepada Lessa. Ini sekian kalinya kita bekerja bersama Lessa dan kita doakan semoga kariernya selalu sukses di mana pun dia berada. Suatu saat kita bisa bekerja sama lagi bersama Lessa,” tandasnya.

Mengenai partner kerja Osvaldo Lessa, Lydio de Souza yang menangani fisik pemain Persipura. Bento menjelaskan status Lydio masih dipertimbangkan.

Secara terpisah Osvaldo Lessa yang dihubungi Cenderawasih Pos, Minggu (13/1) siang mengakui kalau dirinya sudah tidak bersama dengan Persipura.

Osvaldo Lessa mengakui tetap menghargai keputusan yang diambil oleh managemen. “Keputusan ini hal biasa dari klub, saya tetap hargai itu dan semoga sukses untuk tim Persipura,” ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Papua, khususnya warga Kota Jayapura yang selalu respect kepada dirinya saat menukangi Boaz Solossa dan kawan-kawan musim lalu.

Terkait masa depannya, Lessa mengaku tetap akan berada di kompetisi tanah air. Dengan tidak lagi bersama dengan Persipura, Lessa mengaku harus mulai berkomunikasi dengan tim lain.

“Kemarin saya pernah dihubungi Arema tapi saya tutup karena saya pikir kembali ke Persipura,” ujarnya.

Lessa berharap Persipura bisa segera melakukan persiapan. Sebab, jika tidak tim kebanggan orang Papua ini akan kesulitan dalam menyiapkan tim jelang kompetisi digulir.

Sekedar diketahui, sejak ditunjuk sebagai Pelatih Kepala Persipura Jayapura pada Liga 1 2018 lalu, Osvaldo Lessa menukangi Persipura sebanyak 11 pertandingan.

Selama menangani Boaz Solossa dan kawan-kawan, Persipura hanya meraih 3 kemenangan dan 2 kali seri. Sementara sisanya, Persipura gagal meraih poin dan harus finish di urutan 12 klasemen akhir Liga 1 2018. (eri/nat)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bruno Matos di Mata Asisten Pelatih Persija Jakarta


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler