Lepas Ratusan Peserta Mudik Gratis, Herman Deru: Ini Cara Kami Kanalisasi Euforia Pemudik

Rabu, 19 April 2023 – 23:23 WIB
Gubernur Sumatera Herman Deru saat melepas ratusan peserta mudik gratis di Terminal Alang-Alang Lebar Palembang, Rabu (19/4). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru memberi perhatian khusus kepada para pemudik yang akan melakukan perjalanan pulang kampung pada Idulfitri 1444 Hijriah.

Orang nomor satu di lingkungan Pemprov Sumsel itu memberikan fasilitas mudik gratis untuk masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik ke sejumah kota dan kabupaten di dalam maupun ke luar provinsi.

BACA JUGA: Kunjungi BPS Sumsel, Herman Deru Ingin Pastikan Transformasi ke Data Digital Telah Dilakukan

"Ini cara kami kanalisasi euforia para pemudik yang tahun-tahun lalu tidak bisa mudik, karena adanya pembatasan akibat pandemi Covid-19," kata Herman Deru saat melepas ratusan peserta mudik gratis di Terminal Alang-Alang Lebar Palembang, Rabu (19/4).

Menurutnya, mudik gratis tersebut merupakan langkah pemerintah dalam membantu masyarakat Sumsel, khususnya menengah ke bawah.

BACA JUGA: Gubernur Herman Deru Pastikan Tol Indralaya-Prabumulih Sudah Bisa Dilalui Pemudik

"Sejak Covid-19 melandai dan pembatasan ditiadakan, kami langsung ambil peran untuk menggelar mudik gratis ini sehingga pemudik tentu terbantu," ujarnya.

Herman Deru mengatakan program mudik gratis juga merupakan cara Pemprov Sumsel meminimalisir kemacetan dan menekan angka kecelakaan serta menekan angka pemudik dengan menggunakan sepeda motor.

"Jadi para pemudik ini kami berikan asuransi. Bukan hanya dalam perjalanan ke kampung halamannya, tapi asuransi Jasa Raharja yang kami berikan itu selama 14 hari. Selain itu, kenyamanan mereka tentu terjamin, karena petugas selalu memonitor," terang Herman Deru.

Upaya tersebut dilakukan sebagai bentuk perhatian Pemprov Sumsel kepada masyarakat.

"Ini sebagai jaminan kami kepada para pemudik. Kami harapkan pemudik ini selamat sampai tujuan dan selalu dalam keadaan sehat saat kembali lagi ke Sumsel," harap Herman Deru.

Sebagai informasi, sedikitnya ada 19 bus yang diturunkan dalam mudik gratis.

Sebanyak 12 bus dipersiapkan untuk melayani rute ke berbagai kabupaten dan kota, diantaranya Palembang, Sekayu, Lubuklinggau, Muratara, Kayuagung, Belitang, Muara Dua, Muara Enim, Baturaja, Lahat, Tebing Tinggi, Pagaralam dan Pendopo.

Sementara 7 bus lainnya melayani tujuan luar provinsi, seperti Medan, Padang, Jakarta, Lampung, dan Solo.

"Kurang lebih 748 penumpang yang kita berangkatkan. 472 penumpang merupakan penumpang di dalam provinsi dan 276 penumpang ke luar provinsi," kata Kepala Dinas Perhubungan Sumsel Ari Narsa.

Ari menyampaikan mudik gratis ini juga merupakan kerja sama dengan BUMN, BUMD, perusahaan swasta dan perusahaan transportasi.

"Ini dilakukan sesuai dengan arahan Pak Gubernur. Di tahun ini juga ada dua moda transportasi untuk melayani mudik gratis, yakni kereta api dan bus," pungkasnya.

Hadir dalam pelepasan mudik gratis tersebut, Pangdam II Sriwijaya Mayjen Hilman Hadi, Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo, Kepala PT Jasa Raharja Sumsel Abdul Haris.

Kemudian Kepala PT Jasa Raharja Putra Palembang Hendra Setiawan, Kepala Balai Transportasi Darat Wilayah VII Sumsel Babel Denny Michels Adlan, dan sejumlah pihak lainnya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler