Letjen TNI Maruli Simanjuntak: Dokter Berharap Pak Luhut tidak Terlalu Bekerja Keras

Senin, 30 Oktober 2023 – 12:17 WIB
Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak saat menyampaikan keterangan kepada wartawan di Istana Merdeka Jakarta, Senin (30/10/2023). (ANTARA/Andi Firdaus)

jpnn.com - JAKARTA - Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyampaikan kondisi terkini ayah mertuanya, Luhut Binsar Pandjaitan. Saat ini, Luhut tengah menjalani perawatan di Singapura.

Maruli menyebut bahwa dokter berpesan agar beban kerja Luhut perlu dikurangi, sehingga tidak terlalu bekerja keras.

BACA JUGA: 6 Mahasiswa Budi Luhur Terima Pendanaan Kewirausahaan dari Kemenpora RI

"Memang dari dokter, Pak Luhut diharapkan tidak terlalu bekerja keras, jadi, harus agak diturunkan sementara. Itu yang perlu dilakukan oleh Pak Luhut sehingga, ya, lebih baik istirahat dulu," kata Maruli di Istana Merdeka Jakarta, Senin (30/10).

Jenderal bintang tiga itu mengatakan beban kerja Luhut perlu dievaluasi agar tidak memengaruhi kondisi kesehatannya.

BACA JUGA: Jodi Mahardi Bantah Kabar Luhut Mundur dari Kabinet

"Mungkin yang perlu kita hitung lagi nanti, kalau di sini mungkin akhirnya jadi sekian persen sudah bekerja nanti. Ini step by step-lah," ungkap menantu Luhut Binsar Pandjaitan tersebut.

Maruli mengatakan bahwa kondisi kesehatan Luhut hingga saat ini terus menunjukkan tren pemulihan yang baik. Salah satunya ditandai dengan kemampuan otot untuk berjalan maupun duduk.

BACA JUGA: Luhut Binsar Dikabarkan Mundur dari Jabatan Menko Marves, Begini Faktanya

Selain itu, Luhut juga sudah mulai bisa ke luar rumah sakit untuk mengisi jadwal rutin latihan guna kebugaran.

"Saya pikir mungkin satu minggu, dua minggu ini sudah bisa mulai bisa di luar (rumah sakit). Mudah-mudahan ya kalau ini proses baik semua," katanya.

Luhut disarankan tim dokter untuk beristirahat selama beberapa hari sejak Selasa (10/10), karena kondisi gangguan kesehatan. Kondisi kesehatan Luhut tiba-tiba melemah setelah menghadiri suatu kegiatan.

Luhut kemudian dibawa istrinya ke salah satu rumah sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut. Dengan kondisi kesehatan seperti itu, Luhut selama beberapa hari tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa.

Setelah mendapat tawaran dari koleganya, yakni Senior Minister Singapura Teo Chee Hean dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan, Luhut memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura, sekaligus pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjalankan tugas harian sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim menggantikan sementara Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang sakit. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler