Lewat Cara ini DPN Indonesia Siap Lahirkan Advokat Berkualitas

Rabu, 02 Desember 2020 – 04:32 WIB
Deklarasi Dewan Pengacara Nasional (DPN) Indonesia. Foto dok DPN

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pengacara Nasional (DPN) Indonesia siap mencetak advokat berkualitas bagi para pencari keadilan di Indonesia.

Organisasi advokat ini juga akan menggelar ujian advokat secara online pertama dan terbesar di Indonesia pada 30 Januari 2021.

BACA JUGA: DPN Peradi Gelar Serah Terima dan Pisah Sambut Kepengurusan

Ujian secara online juga sekaligus mendukung program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan.

“Apabila advokat berkualitas, dia akan memberi pelayanan terbaik kepada para pencari keadilan. Ujian secara online ini juga untuk menjaga calon advokat agar tidak terpapar Covid-19. Kami  mendukung program pemerintahan Jokowi dalam mengatasi pandemic Covid-19,” ujar Presiden DPN Indonesia Dr (Can) H. Faizal Hafied dalam siaran persnya.

BACA JUGA: Dipindah ke Lapas Kerobokan, Jerinx SID Sempat Tantang Jaksa yang Menuntutnya

Adapun jumlah peserta yang terdaftar akan mengikuti ujian secara online sudah mencapai lebih dari 600 orang dari seluruh Indonesia.

“Ini yang pertamakali di Indonesia sekaligus ujian advokat terbesar,” kata dia.

BACA JUGA: Nafa Urbach Tolak Tampil di Acara TV

Kemudian, DPN Indonesia akan melakukan pengumuman hasil ujian profesi advokat pada 15 Februari 2021.

Setelah itu, bagi calon advokat yang sudah memenuhi persyaratan pelantikan dan penyumpahan akan diverifikasi pada 25 Februari 2020.

Agar menghasilkan advokat berkualitas, menurut Faizal, rekruitmen harus melalui pendidikan yang berkualitas dan terbaik. Salah satu caranya yakni dengan bekerjasama dengan perguruan tinggi berkualitas

Selain itu, juga dengan menghadirkan tokoh-tokoh hukum yang berkualitas di bidangnya.

Karena itu, dalam pembekalan lahirnya DPN Indonesia, pada Selasa (1/12), pihaknya menghadirkan tokoh-tokoh dan advokat senior.

Mereka adalah Ketua Dewan Pertimbangan DPN Indonesia Prof Dr HM Laica Marzuki SH. Lalu, ada Advokat Senior sekaligus Ketua Dewan Penasihat DPN Indonesia Dr Elza Syarief, SH, MH, dan Ketua Dewan Kehormatan DPN Indonesia Dr Mariono, SH, MH.

Pembicara lainnya dalam pembekalan adalah Rektor Universitas Jayabaya Prof H Amir Santoso, MSoc, Sc, PhD, Hakim Agung RI Dr Ibrahim SH, LLM, Dirjen HAM Kemenkumham RI Dr Mualimin Abdi, SH, MH, dan Asisten Khusus Jaksa Agung RI Narendra Jatna, SH, LLM.(chi/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler