Lewat Cara ini PLN Mendorong Keterlibatan Perempuan Untuk Berkarier

Jumat, 22 April 2022 – 11:14 WIB
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tengah) bersama para Srikandi PLN. Foto dok PLN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan perseroan akan terus mendorong keterlibatan perempuan dalam pengembangan PLN.

Darmawan mengatakan perusahaan terus membuka kesempatan bagi perempuan di PLN mengembangkan potensi dan kariernya.

BACA JUGA: Aming Pamer Dada Montok, Aura Kasih Langsung Tanya Ukuran, Kayak Gede Banget

"Untuk mendorong keterlibatan perempuan di dalam tubuh PLN kami mendukung penuh pengarusutamaan gender di perusahaan. Bukti nyatanya, kami mendorong adanya kebijakan yang membuat iklim kerja yang kondusif dan mendukung perempuan makin berdaya," ujar Darmawan.

Langkah ini dilakukan PLN melalui peluncuran Statement of Corporate Intent (SCI) atau dokumen persetujuan bersama tentang pengarusutamaan gender di lingkungan perusahaan.

BACA JUGA: PLN Gelontorkan Rp 5,1 Miliar Untuk Terangi Ribuan Hunian Sementara Korban Erupsi Semeru  

Ketua Umum Gugus Tugas Srikandi PLN Sinthya Roesli menjelaskan peluncuran SCI Pengarusutamaan Gender PLN menjadi penting dalam sejarah berdirinya Srikandi PLN dan perusahaan.

SCI ini menjadi pedoman umum bagi PLN group dalam menjalankan bisnis.

BACA JUGA: Aplikasi PINTU Gelar Trading Competition, Total Hadiah Rp 915 Juta

Teknis bagaimana menciptakan iklim kerja yang sehat dan memberikan kesempatan yang besar bagi perempuan di PLN untuk mengukir prestasi dan mendorong karirnya.

"Kami ambil momen hari ini sebagai bukti komitmen di PLN terkait pengarusutamaan gender di lingkungan PLN. Ini menjadi penting bagi kita dan kami membutuhkan kerangka korporasi yang dibungkus ESG Framework yang mendorong perempuan PLN lebih berdaya," ujar Sinthya.

Saat ini dari 13.400 pejabat struktural di PLN, jumlah perempuan baru mencapai sekitar 13 persen atau sekitar seribuan srikandi.

Untuk target KPI (Key Performance Indicators) target wanita dari manajer atas sampai manajer dasar sudah mencapai 19 persen.

Hal itu sudah melebihi target target KPI dari BUMN sebesar 15 persen.

"Nanti, pada 2022 menjadi 20 persen. Namun catatan kami, yang 19 persen itu hanya di manajemen dasar, yang manajemen menengah dan atas masih terbatas," ucapnya.

Dia menegaskan, karier bagi perempuan bukan semata karier. Tetapi lebih kepada keyakinan bahwa keberadaan perempuan dalam tim manajemen baik itu pembuat keputusan dan eksekusi akan memberikan produktivitas lebih.

Ketua Task Force Srikandi PLN Chairani Rahmatullah menjelaskan sejak setahun terakhir, berbagai program pengembangan pemberdayaan perempuan telah dilaksanakan Srikandi PLN.

Puncak kegiatan Srikandi PLN 2021 adalah terlaksananya PLN Women Summit 2021 pada Desember lalu yang dihadiri lebih dari 250 Srikandi PLN, yang menduduki pimpinan unit baik ULP, ULT, UP3 maupun unit induk dan Srikandi PLN, yang menduduki manajemen posisi menengah dan manajemen atas di kantor pusat.

"Ada dua produk penting dari PLN Woman Summit 2021 itu. Pertama, usulan kebijakan perusahaan mengenai pengarusutamaan gender dan kedua penetapan character building yang akan menjadi ciri khas dari setiap Srikandi PLN yaitu anggun, cerdas dan tangguh," imbuh Ani.(adv/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jos! TNI AD Siap Dukung PLN Listriki Nusantara


Redaktur : Yessy Artada
Reporter : Yessy Artada, Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler