Lewat Extra Time, PBFC Akhirnya Juara!

Minggu, 13 Maret 2016 – 22:10 WIB
Ilustrasi. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - SAMARINDA - Laga final Piala Gubernur Kaltim telah berakhir. Pusamania Borneo FC (PBFC) akhirnya keluar sebagai juara. Kepastian itu harus diraih oleh PBFC setelah menundukkan  Madura United (MU) 1-0 di Stadion Palaran, Kaltim, Minggu (13/3) malam.

Laga berlangsung sengit, ketat, dan super seru karena sampai harus masuk babak perpanjangan waktu untuk menentukan juara. Satu-satunya gol dicetak oleh Ponaryo Astaman, saat laga memasuki menit ketujuh babak pertama extra time atau menit ke-97.

BACA JUGA: Pusamania Borneo vs MU Lanjut ke Extra Time

Laga ini, sesuai prediksi, berjalan dengan tempo ekstra tinggi. Pesut Etam langsung menekan dan sempat mendapatkan peluang matang melalui Edilson Tavarez saat laga berjalan dua menit, tapi masih bisa diamankan oleh para pemain MU.

Setelah itu, MU berhasil menggalang pertahanan yang ‎solid. Beberapa kali peluang didapat via Arpani, Terens Puhiri, dan Lerby Elyandri, tapi tak ada yang bisa menjadi gol.

BACA JUGA: Half Time: PBFC vs MU Masih Tanpa Gol

Usai water break menit ke-30, ‎Pablo Rodriguez berhasil mendapatkan ruang dan melepaskan sepakan keras. Tapi, tendangannya dari luar kotak penalti masih terkena tiang. 

Setelah itu, Edilson dan Lerby sempat mendapatkan peluang lagi, tapi tak ada yang menjadi gol. Skor 0-0 bertahan sampai jeda antar babak

BACA JUGA: Tekuk Pasangan Tiongkok, Ganda Cantik Jepang Juara All England 2016

Pada babak kedua, perubahan permainan dan strategi mulai dilakukan oleh pelatih kedua tim. Terlihat beberapa kali PBFC ataupun MU ‎saling bergantian memasukkan pemain. 

Perubahan yang dilakukan ini, ternyata tak sepenuhnya efektif. Terbukti, skor tak berubah. Di sisi lain, tensi pertandingan berjalan semakin keras dan menjurus kasar.

Beberapa kali wasit Thoriq Alkatiri ‎mengeluarkan kartu kuning dari kantongnya. Total, ada 11 kartu kuning dan satu kartu merah yang diberikake kedua belah pemain

Banyaknya pelanggaran pun membuat injury time yang diberikan sampai lima menit. Sayang, sampai waktu normal usai skor 0-0 tak berubah. Laga lanjut extra time. 

Pada babak ini, PBFC terlihat sangat dominan. Pergerakan Rizky Pora yang menggantikan Arpani, sukses membuat MU melakukan pelanggaran. Free kick yang diambil oleh Ponaryo Astaman, berhasil dieksekusi dengan baik. 

Bola yang hendak disundul oleh Samma, ternyata meluncur deras dan langsung masuk ke gawang. Skor ini tak berubah sampai extra time usai. (dkk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cuma 45 Menit! Lin Dan Sabet Gelar ke-6 All England


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler