Libur Lebaran Sebentar Lagi, KRL Jabodetabek Siap Angkut 1 Juta Pengguna Tiap Hari

Jumat, 29 April 2022 – 00:02 WIB
KRL Jabodetabek. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Jelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 rata-rata tren pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek mengalami penambahan.

KAI Commuter mencatat rata-rata volume sebanyak 627.906 pengguna.

BACA JUGA: KRL Tabrak Mobil di Depok, KAI Langsung Tutup Permanen Perlintasan Rawa Geni

Data tersebut naik sebesar 12 persen jika dibandingkan rata-rata volume pengguna pada minggu kemarin yaitu sebanyak 560.715 pengguna per harinya.  

Selama minggu ini stasiun dengan rata-rata pertambahan volume pengguna terbanyak adalah Stasiun Tanah Abang dengan rata-rata volume pengguna sebanyak 44.890 pengguna atau naik 13 persen dibanding rata-rata pengguna pada minggu lalu yaitu sebanyak 39.830 pengguna.

BACA JUGA: Polisi Usut Penembakan KRL di Kebayoran, Pelaku Siap-siap Saja

"Sedangkan untuk rata-rata total pengguna KRL yang masuk dan keluar di Stasiun Tanah Abang pada akhir pekan minggu lalu, tercatat masing-masing sebanyak 50.457 pengguna dan 53.245 pengguna," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya, Kamis (28/4).

Untuk mengantisipasi pertambahan pengguna tersebut Anne mengatakan KAI Commuter mengoperasikan 1.053 perjalanan KRL per hari yang dimulai pukul 04.00-24.00 WIB.

BACA JUGA: Insiden Penembakan KRL di Kebayoran, Ini Dugaan Polisi

"Persebaran pengguna KRL pada satu minggu terakhir, juga masih terfokus pada jam sibuk pagi hari mulai pukul 06.30 – 08.30 WIB dan jam sibuk sore hari pukul 16.30 – 18.30 WIB," ujar Anne.

Anne menghimbau kepada seluruh pengguna untuk dapat memanfaatkan menggunakan KRL dari jadwal-jadwal perjalanan KRL di luar jam-jam sibuk tersebut.

Potensi kenaikan pengguna KRL di luar jam-jam sibuk tersebut juga dapat dimungkinkan seiring dengan tren kenaikan volume pengguna KRL. 

"Untuk itu KAI Commuter mengimbau kepada pengguna KRL, untuk selalu mempersiapkan dan mengatur waktu perjalanannya dengan mengakses aplikasi KAI Access untuk mendapatkan info kepadatan di stasiun, posisi KRL yang akan dinaiki secara real time, dan jadwal perjalanan KRL," tutur Anne.

KAI Commuter juga mempersiapkan sarana dengan kapasitas angkut 1.079.200 pengguna per hari khusus di wilayah Jabodetabek selama masa Lebaran.

KAI Commuter masih memberlakukan syarat vaksinasi dengan menunjukkan sertifikat vaksin sesuai Surat Edaran Menteri Perhubungan No. 39 Tahun 2022.

"Segera ikuti vaksinasi booster sehingga aman saat bersilaturahmi bersama keluarga serta terhindar dari penularan Covid-19. Tetap disiplin protokol kesehatan agar mudik aman dan sehat," tutup Anne. (mcr18/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Mercurius Thomos Mone

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler