Liburan di Bali, Obama Bakal Menempati Villa Paling Bawah

Sabtu, 24 Juni 2017 – 05:50 WIB
Barack Obama. Foto: AFP

jpnn.com, UBUD - Selama liburan di Bali, Barack Obama meminta tidak diperlakukan secara istimewa, khususnya pada aspek pengamanannya.

Namun pemandangan berbeda tetap terlihat di kawasan sekitar jalan masuk Four Seasons Resort di Banjar Kutuh, Sayan, Ubud, tempatnya menginap.

BACA JUGA: Obama Santai, Gubenur Pastika Menyerahkan Jadwal PKB

Sejak kepastian bakal menginapnya presiden ke-44 Amerika Serikat ini di Four Seasons Ubud, pengamanan hotel langsung diperketat.

Pantauan di lokasi sore kemarin menunjukkan, kedatangan Obama memang berasa spesial. Hal ini terlihat dengan keberadaan puluhan personel pengamanan, mulai dari kepolisian dan TNI.

BACA JUGA: Obama Tiba di Bali, Nih Foto-Fotonya

Bahkan di pintu masuk Four Seasons, hotel yang berhadapan dengan Tukad Ayung itu, pemeriksaan ketat dilakukan terhadap kendaraan yang keluar masuk hotel.

Pengamanan yang berlapis tersebut melibatkan personel yang berseragam lengkap, hingga berpakaian preman dengan senjata laras panjang.

BACA JUGA: Tiba di Bali, Obama dan Famili Langsung Menuju Ubud

Sedagkan pengamanan dari TNI pun tak kalah banyak, termasuk personel TNI yang menggunakan pakaian batik, hingga hilir mudik anggota Paspampres.

Selain personel keamanan yang bersiaga di depan pintu masuk hotel, beberapa kendaraan operasional TNI dan polisi juga kerap keluar masuk hotel, seperti kendaraan K9, dan Gegana.

Sementara itu dari sumber di lapangan menyebutkan, rombongan keluarga mantan presiden berusia 55 tahun ini akan menempati sebuah vila yang berada di pinggir Tukad Ayung.

Karena itulah dari ring 3 yang berada di jalan masuk Four Seasons disebutkan memiliki jarak yang lumayan jauh.

“Kawasan ini sebenarnya masuk ring paling luar. Karena Obama bakal menempati villa paling bawah, river side. Dan itu sangat sangat private,” ucap sumber tersebut.

Sedangkan Kapolsek Ubud Kompol Nyoman Wirajaya mengatakan, total Polres Gianyar dan Polsek Ubud menyiagakan 120 personel dari semua satuan, baik sabhara, lantas, reskrim, hingga intel.

Namun dia tidak mengetahui pasti berapa personel yang dikerahkan TNI dan Polda Bali. “Tapi sesuai dengan tugas, kami berada di ring 3, yakni di depan jalan masuk hotel dan sekitarnya. Kalau di ring 2 itu TNI, dan ring 3 itu Paspampres,” ucapnya.

Selain memgamankan kawasan Four Season, beberapa kawasan wisata lainnya di sekitaran Ubud, termasuk objek wisata yang direncanakan bakal dikunjungi Obama, juga sudah disterilisasi.

“Jadi begitu kami mendapatkan informasi itu, jajaran sudah langsung melakukan sterilisasi bersama intelijen. Intinya pengamanan tak hanya di Four Season, tapi juga di objek-objek wisata, khususnya yang potensi dikunjungi,” sambungnya. (art/adi/wid/afi/yes)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... 446 Anggota Polri Bakal Kawal Obama di Bali


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler