Libya Bebaskan Dua Wartawan Inggris

Senin, 19 Maret 2012 – 09:59 WIB
TRIPOLI — Setelah ditahan beberapa pekan, dua wartawan asal Inggris Gareth Montgomery-Johnson dan Nicholas Davies-Jones akhirnya dibebaskan oleh pemerintah Libya. Seperi dilansir BBC, Senin (19/3), kementerian dalam negeri setempat telah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai pembebasan warga Carmarthen dan Berkshire, Inggris  tersebut.

Terkait hal ini  wakil menteri Luar Negeri Libya, Omar al-Khadrawi sebagaimana dikutip AFP menyatakan pembebasan tersebut dilakukan setelah serangkaian penyelidikan yang membuktikan  bahwa dua jurnalis tersebut tidak melakukan tindak pidana sebagaimana disangkakan.

"Mereka telah menyatakan keinginannya untuk meninggalkan Libya," ujarnya.

Dua wartawan ini juga telah menyatakan permohonan maaf kepada pemerintah Libya.

Seperti diketahui dua wartawan yang bekerja untuk stasiun TV Iran, Press TV  ilegal. Selain itu mereka diduga melakukan aksi mata sehingga harus menjalani pemeriksaan. Karena itulah pekan lalu mereka telah menyatakan permintaan maaf yang ditayangkan dalam sebuah video karena masuk ke Libya secara ilegal.

Pembebasan ini juga merupakan upaya intens yang dilakukan pihak keluarga jurnalis tersebut dan aktivis pejuang hak asasi manusia.(zul/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Payudara Pecah di Acara Reality Show

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler